Alan Turing Akhirnya Dimaafkan Ratu Inggris Setelah 60 Tahun Meninggal

Author : Administrator | Friday, December 27, 2013 09:06 WIB
Alan Turing (CNN)

 

London - Seorang ilmuwan matematika pada masa Perang Dunia II, Alan Turing akhirnya dimaafkan oleh Ratu Elizabeth II setelah hampir 60 tahun kematiannya. Turing merupakan pemecah kode asal Inggris yang akhirnya bunuh diri dengan memakan apel yang mengandung sianida pada 1954.

Seperti dilansir CNN, Jumat (27/12/2013) Turing merupakan seorang jenius yang terkenal karena berhasil membuat mesin pemecah kode yang diuraikan menjadi pesan dengan mesin Jerman. Karyanya tersebut dianggap mampu mengubah kondisi perang dan menyelamatkan banyak nyawa manusia.

"Dr. Turing layak untuk dikenang dan diakui atas kontribusi yang fantastis untuk perjuangan saat perang dan warisannya untuk ilmu pengetahuan, Pengampunan dari Ratu merupakan penghargaan yang tepat untuk seorang pria yang luar biasa" kata Menteri Kehakiman Inggris Chris Grayling dalam sebuah pernyataan Selasa (24/12) waktu setempat.

Turing 'dikebiri' secara kimia pada tahun 1952 karena perilaku homoseksual yang saat itu sangat dilarang oleh kerajaan Inggris. Dua tahun kemudian ia memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan memakan apel yang mengandung sianida. Ia meninggal dalam usia 41 tahun.

Pesan Jerman yang diretas oleh Turing di markas pertahanan Inggris, Bletchley Park merupakan informasi yang sangat penting bagi sekutu. Pesan Jerman tersebut diubah menjadi kode dengan mesin Jerman bernama Enigma yang pada saat itu pihak militer Adolf Hitler yakin tak akan bisa ditembus.

Di sisi lain biografi Alan Turing pun akan difilmkan dengan judul 'The Imitation Game' yang disutradarai oleh Morten Tyldum. Film ini dibintangi oleh Benedict Cumberbatch sebagai Turing dan Keira Knightley diharapkan untuk memerankan seorang perempuan dengan latar belakang yang sangat konservatif yang menjalin persahabatan seumur hidup yang rumit dengan Turing.

Harvested from: http://news.detik.com/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1