Akhiri Permusuhan 5 Dekade, Ini Lika-Liku Hubungan AS dan Kuba

Author : Administrator | Thursday, July 02, 2015 09:13 WIB
Akhiri Permusuhan 5 Dekade, Ini Lika-Liku Hubungan AS dan Kuba

Jakarta - Hubungan antara Amerika Serikat dan Kuba telah menegang selama beberapa abad lamanya. Dari mulai perang dingin hingga di ambang perang nuklir.

Pemerintah Amerika Serikat dan Kuba telah mencapai kesepakatan untuk membuka kembali kedutaan-kedutaan di Washington dan Havana. Ini langkah besar guna mengakhiri permusuhan Perang Dingin yang telah berlangsung lima dekade.

Dan berikut beberapa peristiwa penting dalam hubungan kedua negara yang sebentar lagi akan membuka kedutaan masing-masing di kedua negara, seperti dilansir dari AFP, Kamis (2/7/2015) ;

- 1961 : Pada tanggal 3 Januari, Amerika Serikat membekukan hubungan diplomatik dengan Kuba. Kemudian pada tanggal 17 April, CIA menginvasi warga Kuba ke pengasingan di Teluk Babi.

- 1962 : Amerika Serikat memperluas pemotongan perdagangan dengan Kuba kecuali makanan dan obat-obatan. Rudal Soviet yang ditemukan di Kuba pun memicu krisis nuklir diantara kedua negara selama 13 hari.

- 1965 : Kuba mengizinkan ratusan orang imigran untuk berlayar ke Amerika Serikat dengan menggunakan perahu Camarioca pada bulan Oktober-November. Presiden AS Lyndon Johnson menetapkan 'kebebasan penerbangan' kepada 260.561 warga Kuba yang meninggalkan Amerika hingga program tersebut berakhir pada bulan April 1973.

- 1977 : Hubungan antara Amerika Serikat dengan Kuba mengingkat sedikit dengan ditandai oleh pembentukan 'badan kepentingan' di ibukota kedua negara.

- 1980 : Castro mengatakan bahwa siapa pun yang ingin meninggalkan Kuba dapat melalui pelabuhan Mariel. Sebanyak 125.000 pengungsi pada akhir September tiba di Florida.

- 1996 : Kongres AS membatalkan undang-undang Helms-Burton sehingga memperkuat embargo terhadap Kuba.

- Mei 2002 : Mantan Presiden AS Jimmy Carter mengunjungi Kuba. Ia menjadi pemimpin AS pertama yang mengunjungi Kuba sejak Castro berkuasa.

- November 2004 : Dollar AS menjadi transaksi komersial di Havana Bar.

- Desember 2009 : Seorang kontraktor US Agency for International Development, Alan Gross ditangkap saat hendak mendistribusikan teknologi komputer yang dilarang kepada komunitas kecil Yahudi di Kuba.

Harvested from: alphanews.detik.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1