2,3 Juta Warga India Melamar untuk 368 Lowongan PNS

Author : Administrator | Friday, September 18, 2015 09:34 WIB
Para tamatan universitas termasuk ratusan yang begelar doktor juga ikut melamar.

KOMPAS.com - Pemerintah negara bagian India yang memiliki penduduk terbanyak, Uttar Pradesh, mengaku kewalahan menerima lamaran 2,3 juta orang untuk lowongan bagi 368 pegawai negeri sipil tingkat rendah.

Syarat untuk melamarnya antara lain adalah tamat Sekolah Dasar dan bisa naik sepeda.

Namun puluhan ribu tamatan universitas dan ratusan yang memiliki gelar doktor ikut juga melamar guna mendapatkan pekerjaan dengan gaji 16.000 rupee atau sekitar Rp 3,5 juta per bulan.

Dengan jumlah yang melamar sampai jutaan maka perkiraannya adalah 6.250 calon bertarung untuk memperebutkan satu lowongan.

Seorang pejabat mengatakan diperlukan waktu empat tahun untuk mewawancarai semua pelamar, termasuk 255 orang yang bergelar PhD dan 152.000 tamatan universitas.

"Para calon hanya bisa diwawancara dan perkiraan saya semua proses itu sedikitnya memerlukan waktu empat tahun untuk menyelesaikannya bahkan jika ada 10 panel yang mewawancarai 200 calon sehari dengan 25 hari dalam satu bulan," jelas Prabhat Mittal kepada wartawan BBC Hindi, Atul Chandra.

Tingkat pengangguran tercatat tinggi di Uttar Pradesh dengan perkiraan puluhan juta orang menganggur dari total penduduk 215 juta jiwa di negara bagian itu.

Penerimaan pegawai negeri di India biasanya menarik perhatian besar dari para warga.

Harvested from: internasional.kompas.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1