114 Jenazah Korban Tragedi Mina Tiba di Iran

Author : Administrator | Monday, October 05, 2015 10:49 WIB
114 Jenazah Korban Tragedi Mina Tiba di Iran
Foto: REUTERS/Raheb Homavandi

 

Teheran - Pesawat kedua yang membawa 114 jenazah korban tragedi Mina juga telah mendarat di Teheran, Iran. Upacara penyambutan digelar untuk menghormati para jemaah haji yang tewas dalam tragedi memilukan di Mina, Arab Saudi, lebih dari sepekan lalu.

Seperti dilansir AFP dan PressTV, Senin (5/10/2015), pesawat kedua ini mendarat di Bandara Mehrabad, Teheran pada Minggu (4/10) pagi waktu setempat setelah melewati prosedur hukum di Saudi. Pesawat pertama tiba di Teheran pada Sabtu (3/10) pagi dengan membawa 104 jenazah korban.

Otoritas Iran meyakini sejauh ini 464 jemaahnya tewas dalam tragedi Mina pada 24 September lalu. Dengan demikian masih ada 246 jenazah korban yang belum dipulangkan dan masih ada di wilayah Saudi.

Otoritas Iran menggelar upacara berkabung nasional di sejumlah wilayah pada Minggu (4/10) waktu setempat. Ribuan warga dilaporkan menghadiri upacara penghormatan korban yang digelar di Teheran, sedangkan acara serupa digelar di provinsi lainnya.
 

(REUTERS/Raheb Homavandi)


Saat menyambut jenazah yang tiba di Bandara Mehrabad pada Sabtu (3/10), Presiden Hassan Rouhani kembali menyatakan pihak yang bertanggung jawab harus dihukum. Pernyataan Rouhani ini meski tidak menyebut langsung, tapi diyakini menyinggung otoritas Saudi.

"Jika terbukti ada sejumlah otoritas bersalah atas insiden ini, kita tidak akan pernah memaafkan (mereka yang bertanggung jawab) atas tertumpahnya darah orang tercinta kami," tegas Rouhani.

Kepala Organisasi Haji Iran, Said Ohadi menyebut ada 205 jenazah korban asal Iran yang telah ditemukan lokasinya. "Jenazah yang jelas-jelas warga Iran akan dipulangkan dan diidentifikasi di Iran," sebutnya.

Menteri Kesehatan Iran Hassan Hashemi menyatakan belum semua korban tewas asal Iran ditemukan lokasinya. Diduga banyak jenazah korban yang tersimpan di dalam kontainer pendingin di Mina, tanpa identitas. Sedangkan juru bicara Kementerian Dalam Negeri Iran, Hossein Ali Amir menuturkan bahwa pihaknya berusaha memulangkan lebih dari 100 jenazah korban lainnya pada Minggu (4/10) malam.

Harvested from: http://news.detik.com/internasional
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1