10-5-1877: Presiden Pertama Pengguna Telepon

Author : Administrator | Friday, May 10, 2013 10:48 WIB

Rutherford B. Hayes

Rutherford B. Hayes

 

 

Nomor telepon rumah dinas presiden AS saat itu hanya angka "1"

 

VIVAnews - Pada 136 tahun yang lalu, Rutherford B. Hayes menjadi presiden pertama di Amerika Serikat (AS) --bahkan di dunia-- yang memiliki telepon di rumah dinas sekaligus kantornya di Gedung Putih, Washington DC. Pada saat itu, telepon masih merupakan teknologi yang sangat baru, yang diciptakan dan dipatenkan oleh Alexander Graham Bell pada 1876.

Laman The History Channel mengungkapkan bahwa perangkat telepon itu dipasang di ruang telegram di Gedung Putih. Namun, pada saat itu, Hayes jarang sekali menerima telepon. Maklum, selain di Gedung Putih, teknologi yang masih sangat muda tersebut juga baru dipasang di kantor Departemen Keuangan.

Nomor telepon Gedung Putih saat itu hanya angka "1". Jadi, saat itu, komunikasi telepon hanya bisa dilakukan antara Gedung Putih dan Departemen Keuangan.

Setahun kemudian, 1878, sambungan telepon mulai dipasang secara massal di negara bagian Connecticut. Kendati sebagai presiden pertama yang kantornya dipasangi telepon, Haye tidak bisa bertelepon di ruang kerjanya, melainkan harus ke ruang telegram.

Sekitar 50 tahun kemudian, Herbet Hoover dikenal sebagai presiden AS pertama yang memiliki telepon di meja kerjanya. (art)

 

 

sumber : vivanews.com

Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1