Indonesia | English | Arabic
Thursday, 23 October 2014
You are here: UMM >> Opinion >> Belajar dari Captain Tsubasa

Opinion

Bagi para dosen, mahasiswa, karyawan UMM atau simpatisan muhammadiyah, Silahkan kirimkan opini anda untuk membangun bangsa ini menjadi lebih baik. Untuk kirim bisa klik disini.


Belajar dari Captain Tsubasa
» Wednesday, 20 February 2013 | 10:57:58 WIB | Viewed: 4683
facebook umm twitter umm delicious umm digg umm print pdf doc ps
By: Mochamad Rofik
(Student Universitas Muhammadiyah Malang)

Belajar dari Captain Tsubasa

Bukan saya tidak bangga dengan Indonesia tapi saya saat ini sedang ingin menulis mengenai negeri matahari terbit. Bukan masalah politik, ekonomi atau apa tapi mengenai visi dari negara di ujung timur Asia ini.

Jika kita mau jujur Jepang sebenarnya tidak terlalu pantas untuk mendapatkan kejayaannya seperti sekarang. Memanadang dari segi wilayah yang berupa kepulauan dan sangat rawan dengan gempa bumi kita akan sepakat Indonesia secara geografis jauh lebih potensial.

Tapi ada hal yang sangat menarik jika kita menyinggung pendididikan karakter di negeri Tsubasa ini. Tahukah anda jika Captain Tsubasa pertama tayang di TV Jepang pada tahun 1980 dimana kala itu Timnas Indonesia sempat menang 4-0 melawan Timnas Jepang. Dalam film ini diceritakan ada sekelompok anak Jepang yang sangat mahir bermain bola bahkan kemampuannya diatas rata-rata. Sehinggga Piala Dunia jadi tujuan mereka.

Secara logika mungkin anda akan berkata "ngawur", "ngaco" atau apalah karena memang saat itu Timnas Jepang sama Timnas Indonesia dicukur habis 4 gol tanpa balas. Tapi bagaimana dengan sekarang?

Sebenarnya kita sadar atau tidak Captain Tsubasa adalah cerminan karakter bangsa Jepang yang Berani bermimpi dan akan bekerja sekeras mungkin untuk mewujudkan mimpinya.

18 Tahun kemudian setelah kelahiran Tsubasa tepatnya pada tahun 1998 Liga Italia yang saat itu menjadi liga terbaik dunia menampilkan hal yang tidak lumrah. Tepatnya di Perugia ada sosok asing yang bermain disana. Tahukah anda siapakah pemain yang saat itu jadi rebutan klub-klub Eropa? Dia adalah Hidetoshi Nakata pemain Jepang pertama yang merumput di Eropa.

Ketika diwawancara mengenai siapa inspirasinya dengan jelas ia menjawab Captain Tsubasa.

Mimpi besar, karakter pekerja keras, vIsi  dari sebuah tokoh fiksi yang terwujud 18 Tahun kemudian.



Forum Opini:


Tsiqatun Nasyiah
03-15-2013
18:03:28
setuju banget kita harus belajar banyak dari jepang,, mungkin kedepannya anak-anak bangsa mampu menunjukkan kemampuannya, asal tetap bangga dan cinta terhadap bangsa ini,,

» Reply
Dwi Wahyuningtyas
03-02-2013
08:48:53
Ya, saya sangat setuju. Hal tersebut mencerminkan karakter bangsa Jepang yang suka bekerja keras. Kalau di Indonesia mungkin kita bisa mencontoh si Unyil dalam menjaga kerukunan yang sesuai dengan karakter bangsa Indonesia yang kaya akan keanekaragamannya.

» Reply
Rofik
03-07-2013
19:42:48
Yaps, bisa juga tu-- unyil hadir dengan ciri khas Indonesianya, jangan sampai anak Indonesia lebih tau Upin Ipin milik negeri sebelah ketimbang Si Unyil--

Add New Comment:


Nama: *
E-mail: *


Website:


Komentar: *

characters left


Enter the phrase *