Indonesia | English | Arabic
Friday, 31 October 2014
You are here: UMM >> News >> Scientific News >> Kantong Semar Berdandan untuk Menarik Mangsa

Scientific News

Kantong Semar Berdandan untuk Menarik Mangsa
» Wednesday, 27 February 2013 | 09:09 WIB | Viewed: 32376
facebook umm twitter umm delicious umm digg umm en-umm_news_150.html  en-umm_news_150.pdf  berita-ilmiah_150.doc umm-news-150-en.ps
Kantong semar (Nepenthes dan Sarracenia)

KERALA, KOMPAS.com — Kantong semar (Nepenthes dan Sarracenia) serta Venus (Dionaea muscipula) adalah jenis tumbuhan karnivora. Mereka mendapatkan nutrisi dengan mencerna mangsanya seperti serangga dan mamalia kecil, misalnya tikus dan kelelawar.

Berbagai hasil penelitian menunjukkan, tumbuhan karnivor menarik perhatian mangsanya dengan nektar, warna, dan baunya. Hasil penelitian terbaru mengungkapkan, tumbuhan ini memiliki mekanisme lain untuk menarik perhatian mangsanya.

Beberapa jenis tumbuhan ini "merias" bagian tubuhnya dengan zat berpendar berwarna biru yang menyala dalam gelap. Warna ini mampu menarik perhatian mangsa-mangsanya, khususnya di malam hari.

"Warna biru terang seperti ini, sejauh ini, merupakan karakteristik yang dimiliki tanaman karnivor, yang belum banyak terungkap," ujar Sabulal Baby, anggota tim peneliti. Para peneliti yang terlibat berasal dari Jawaharlal Nehru Tropical Botanic Garden bekerja sama dengan Research Institute di Thiruvananthapuram, Kerala, India.

Tim peneliti juga menemukan bahwa warna biru ini muncul disebabkan adanya mekanisme molekuler yang dimiliki tanaman karnivor tersebut.

Hasil percobaan, warna biru ini sangat penting bagi tumbuhan karena ia bisa mendatangkan banyak "makanan" bagi tumbuhan tersebut. Hal itu dibuktikan ketika peneliti menutup bagian tumbuhan yang berwarna biru mencolok dengan ekstrak non-fluoresen. Hasilnya cukup mengejutkan peneliti. Keberhasilan tumbuhan sampel dalam menangkap mangsa menurun secara drastis selama 10 hari masa percobaan.

Diberitakan BBC Nature, Selasa (19/2/2013), Baby menjelaskan bahwa temuan ini mengindikasikan bahwa warna biru berperan sebagai "sinyal yang sangat kuat" bagi tumbuhan karnivor untuk menarik perhatian mangsa mereka.


Comment:


Add New Comment:


Nama: *
E-mail: *


Website:


Komentar: *

characters left


Enter the phrase *

Latest News

Event

Announcement