KKN 06 UMM Gelar Kaderisasi Dokter Kecil di Desa Balesari

Author : Administrator | Monday, July 29, 2013 12:32 WIB | Wawasan - Wawasan

Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 06 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menggelar program menarik sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Ngalamers. Kali ini, mereka menyelenggarakan kegiatan kaderisasi dokter kecil pada Senin (22/7/2013) lalu di Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Kegiatan kaderisasi ini sendiri diikuti siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Balesari 01 pada pukul 08.00 sampai selesai.

Dalam acara itu, kelompok KKN 06 UMM memberikan beberapa materi tentang penyuluhan dan pembinaan seputar dunia kedokteran. Adapun diantaranya seperti wawasan tentang Scabies (gatal-gatal), Demam Berdarah Dengue (DBD), dan Diare. 

Dari materi yang telah diberikan anggota KKN 06 UMM itu, diharapkan siswa-siswi SDN Balesari 01 dapat menjawab pertanyaan tes tulis dengan nilai yang memuaskan, untuk menjadi kandidat dokter kecil. 

Jumlah keseluruhan siswa yang mengikuti acara dokter kecil ada 63 siswa. Kandidat dokter kecil dipilih dengan beberapa kriteria, diantaranya yaitu keaktifan saat penyuluhan dan pembinaan berlangsung, hasil tes, dan nilai kelas.

Para siswa tampak sangat antusias mengikuti pelaksanaan kegiatan kaderisasi dokter kecil itu. Mereka selalu memperhatikan dan menjawab dengan semangat pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pemateri. "Saya merasa senang sekali bisa bertemu kakak-kakak KKN dan belajar bersama kakak-kakak KKN," ujar Fery, salah seorang siswa kelas empat SDN Balesari 01. 

"Selama ini, masih pertama kalinya di sini diadakan dokter kecil, jadi saya senang sekali dengan kegiatan kaderisasi dokter kecil ini," timpal Fikri, murid kelas lima SDN Balesari 01. 

“Saya senang sekali bisa bertemu kakak-kakak KKN dan berbagi ilmu bersama," ungkap Rosita, selaku murid kelas enam SDN Balesari 01.

Sementara itu, menurut para pengajar SDN Balesari 01, kegiatan kaderisasi dokter kecil ini dapat menumbuhkan minat belajar siswa dan menambah ilmu pengetahuan. "Kaderisasi dokter kecil ini berguna untuk meningkatkan pengetahuan tentang beberapa penyakit yang ditemukan dilingkungan sekitar dan menanamkan pengetahuan tentang pentingnya kesehatan serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari," kata Ratna Puspa (20), Penanggung Jawab Pelaksanaan Kaderisasi Dokter Kecil.

Selain kaderisasi dokter kecil, keesokan harinya pada tanggal 23 Juli 2013, kelompok KKN 06 UMM juga mengadakan penyuluhan dan pembinaaan mencuci tangan dan gosok gigi. Kegiatan ini disambut meriah oleh siswa kelas satu, dua, dan tiga SDN Balesari 01. Dengan rasa ingin tahu yang kuat, mereka sangat berantusias dan semangat dalam menjawab semua pertanyaan yang diberikan.

Peran dokter kecil dalam penyuluhan dan pembinaan gosok gigi dan cuci tangan diantaranya menjadi model atau peraga, bagaimana caranya menggosok gigi dan mencuci tangan yang benar. Pelaksanaan kegiatan ini bekerja sama dengan seluruh anggota KKN 06, seluruh warga sekolah SDN Balesari 01, dan disponsori oleh Real Good.

Harvested from: http://halomalang.com/news/kkn-06-umm-gelar-kaderisasi-dokter-kecil-di-desa-balesari
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image