Ribuan Mahasiswa UMM Sebarkan IT ke Desa

Author : Administrator | Saturday, June 11, 2016 19:26 WIB | Tribun News - Tribun News

Ribuan Mahasiswa UMM Sebarkan IT ke Desa

 

Ribuan Mahasiswa UMM Sebarkan IT ke Desa
Istimewa
Rektor UMM melepas rombongan KKN Mahasiswanya ke berbagai daerah, Sabtu (11/6/2016).

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - 5.100 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) disebar ke 116 desa di Jawa Timur. Penyebaran mahasiswa ini melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Semester Ganjil Tahun Akademik 2016/2017.

Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) UMM Sudjono mengatakan, peserta KKN Semester Ganjil Tahun Akademik 2016/2017 yang terdiri dari 116 kelompok.

Mereka akan ditempatkan di 116 Desa, 61 Kecamatan dan 17 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Ratusan desa itu antara lain berada di Kabupaten dan Kota Malang, Kota Batu, Pasuruan, Ngawi, Bojonegoro, Lamongan, Jombang, Magetan, Madiun, Tulungagung, Blitar, Bondowoso, Probolinggo, Lumajang, Mojokerto, hingga Sampang.

Sudjono menambahkan, DPPM UMM mencoba membangun desa di Jawa Timur melalui aspek ekonomi, sosial, budaya dan agama.

"Untuk tahun ini, program wajib peserta KKN yang diunggulkan yaitu pengembangan desa melalui sistem teknologi informasi (information technology/IT)," imbuh Sudjono.

Peserta KKN akan membawa software yang dikembangkan UMM untuk diajarkan ke perangkat desa setempat. Software itu antara lain di bidang administrasi desa. Selain itu, peserta KKN juga membawa program Kementerian Sosial terkait pengentasan buta aksara dan kewirausahaan.

Ke depan, dikatakan Sudjono, DPPM UMM akan terus memeperluas jangkauan desa yang akan ditempati peserta KKN UMM. Saat ini, lembaganya juga telah bekerjasama dengan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia untuk menempatkan peserta KKN di Gorontalo. "UMM akan mengirimkan enam orang untuk ikut program ini," terangnya.

Sudjono berharap, KKN yang diselenggarakan DPPM UMM setahun dua kali, yakni di akhir semester ganjil dan genap ini, dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan desa di Indonesia baik, secara fisik maupun non-fisik. "Mudah-mudahan bermanfaat dan memberikan makna bagi masyarakat desa," harapnya.

Jumlah peserta KKN periode ini merupakan yang terbanyak selama penyelenggaraan KKN di UMM. Pelepasan ditandai dengan penerbangan ratusan balon oleh Rektor UMM Fauzan. Peserta KKN UMM akan diberangkatkan pada 19 Juli dan kembali ke kampus pada 17 Agustus mendatang

Sementara itu Rektor UMM Fauzan berpesan dalam sambutan pelepasan, agar mahasiswa harus bisa membawa nama baik UMM dan menjadi teladan di tengah masyarakat

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Adrianus Adhi

Sumber:

 


 

 


Harvested from: http://suryamalang.tribunnews.com/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image