PTM Dituntut Hasilkan Ilmuwan Beradab

Author : Administrator | Friday, October 25, 2013 14:18 WIB | Suara Merdeka - Suara Merdeka

SOLO - Keberadaan perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) dinilai menjadi kekuatan dalam membangun peradaban umat, khususnya melalui pendidikan.

Hal itu disampaikan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah A Malik Fadjar dalam seminar nasional bertema Peran Islam dalam Membangun Peradaban Umat dalam rangka Milad Ke-55 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), di Auditorium Moh Djazman, kampus setempat, Kamis (24/10).

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu mengemukakan, sejak awal berdiri, Muhammadiyah berkomitmen mewujudkan pendidikan yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat. ”Pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan memulai dakwahnya untuk wujudkan Islam yang lebih merangkum seluruh kehidupan nyata,” kata dia.

Muhammadiyah, kata dia, membawa pesan pencerahan dari zaman ke zaman dan turut terlibat dalam proses pembangunan peradaban umat. Hal itu dilakukan melalui upaya penerjemahan pengetahuan untuk membentuk karakter yang tepat dan menyiapkan pemimpin-pemimpin yang kompeten.

Kualitas SDM

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) pada era presiden Megawati itu mengatakan, jumlah PTM yang tersebar merata di Indonesia membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sehingga dapat menempati posisi profesional dalam dunia kerja.

Baik universitas, institut, sekolah tinggi, akademi, politeknik maupun diploma yang jumlahnya mencapai lebih dari 151 dan tersebar dari Aceh hingga Papua. Hal itu merupakan kekuatan untuk memainkan peran dalam membangun peradaban umat. ”Melalui perguruan tinggi pula diharapkan semakin membesar lapisan umat yang mampu melaksanakan pekerjaan-pekerjaan berbasis profesionalisme dan lahirlah generasi umat yang memiliki kesadaran memperadabkan umat,” ungkap Malik Fadjar.

Karena itu, dia berharap pada usianya yang telah lebih dari separuh abad, UMS mampu berkontribusi nyata dalam membangun peradaban umat dengan mengaplikasikan hasil-hasil penelitian ilmu pengetahuan untuk masyarakat. Ketua Program Doktor Pendidikan Islam Universitas Ibnu Khaldun Bogor Dr Adian Husaini memaparkan, pendidikan Islam yang diusung PTM dapat membantu membentuk generasi yang berkarakter dan beradab.

Sebab, nilai-nilai keislaman diaplikasikan dalam pendidikan di perguruan tinggi tersebut. ”Dengan itu diharapkan dari kampus-kampus Islam akan lahir para ilmuwan yang baik dan beradab sesuai dengan tujuan pendidikan Islam,” ujar dosen Pascasarjana UMS itu. (G18-60)

Harvested from: http://suaramerdeka.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared: