Cari Bibit Unggul, UMM Gelar Rector Cup 2016

Author : Administrator | Saturday, March 19, 2016 17:21 WIB | Republika - Republika
Rep: Christiyaningsih/ Red: Achmad Syalaby
 
 
  Flashmob mahasiswa tandai pembukaan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Malang, Selasa (8/9).  (foto : dok. Humas UMM)
Flashmob mahasiswa tandai pembukaan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Malang, Selasa (8/9). (foto : dok. Humas UMM)
 

REPUBLIKA.CO.ID, ​MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menggelar agenda akbar Rektor Cup 2016. Rektor UMM Fauzan secara resmi membuka kompetisi yang akan melombakan berbagai bidang olahraga, seni dan penalaran antar mahasiswa se-UMM ini, Sabtu (19/3) di Hall UMM Dome.

Dalam sambutannya, Fauzan mengatakan Rector Cup diadakan selain untuk mencari dan mengembangkan potensi bibit-bibit unggul di bidang akademik maupun non akademik, juga sebagai sarana untuk melatih sportifitas para mahasiswa.

"Sikap sportif itu sangat penting agar kita mampu berpikir objektif, apa adanya, tanpa kecurangan sekecil apapun," jelasnya. Karena itu, ia menegaskan perlu adanya manajemen khusus di setiap fakultas untuk menggali potensi para mahasiswa.

Rektor Cup 2016 kali ini mengusung tema 'Kompetisi Menuju Prestasi Lebih Tinggi'. Ketua Panitia Rektor Cup 2016 Warsono mengatakan dengan tema tersebut diharapkan para mahasiswa mampu mengembangkan potensinya dan bisa mengharumkan nama UMM di kejuaraan antar perguruan tinggi tingkat nasional maupun internasional. "Jadi tidak hanya berguna bagi dirinya sendiri tapi juga berguna bagi lembaga perguruan tinggi," ujarnya.

Kompetisi dalam Rektor Cup 2016 dibagi menjadi empat bidang yakni seni, olahraga, penalaran dan keagamaan. Ada 44 cabang perlombaan yang akan dikomando oleh setiap Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UMM. Kompetisi di bidang seni di antaranya vokal grup, solo pop, dangdut, seriosa, keroncong, festival band, baca puisi, penulisan naskah drama, cerpen dan puisi, drama/teater, lukis, komik strip, desain poster, film fiksi pendek, film dokumenter, tari, fotografi, stand up comedy, master of ceremony (MC), dan announcer.

Di bidang olahraga, ada delapan cabang olahraga yang akan dikompetisikan.. Di antaranya pencak silat, bulutangkis, sepak bola, bola voli, taekwondo, karate, dan bola basket. Pembuatan program kreativitas mahasiswa (PKM), debat, pidato, dan business plan masuk dalam kompetisi termasuk dalam kategori kompetisi di bidang penalaran. 

Di bidang keagamaan ada musabaqoh tilawatil Quran (Qori), musabaqoh tartil Quran, musabaqah khatil Quran (Kaligrafi), musabaqoh fahmil Quran (Cerdas cermat), syahril Quran (Da'i), lagu religi/nasyid, dan lomba karya tulis ilmiah Al-Quran.

Kompetisi akan berlangsung mulai dari 19 Maret hingga 30 April 2016. Nantinya setiap fakultas akan memperebutkan piala bergilir. Ada 250 kontingen dari 10 fakultas yang ada di UMM. Tahun 2015 lalu juara umum berhasil  diraih Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Harvested from: http://nasional.republika.co.id/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared: