Dubes AS Ambil Sumpah Relawan Pearce Corps yang Bermitra dengan UMM

Author : Administrator | Thursday, June 03, 2010 16:58 WIB | Pikiran Rakyat - Pikiran Rakyat

MALANG, (PRLM).- Duta Besar Amerila Serikat untuk Indonesia Cameron Hume hari ini mengambil sumpah 19 relawan Peace Corps. Kelompok ini menjadi yang pertama yang akan mulai bertugas menyusul penandatanganan perjanjian pada Desember 2009 antara Indonesia dan AS untuk menghadirkan kembali Peace Corps di Indonesia. Seperti disampaikan Kedubes AS via pers release kepada "PRLM", Kamis (3/6), upacara pengambilan sumpah berlangsung di Malang, Jawa Timur di mana para relawan ini telah menjalani masa pelatihan sebelumnya.

Peace Corps bermitra dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam program bahasa, lintas budaya, dan pelatihan teknis. Para relawan Amerika ini akan mulai bekerja selama dua tahun sebagai tenaga pengajar bahasa Inggris di sekolah-sekolah menengah di Jawa Timur dan Madura. Ke-19 relawan ini mewakili keberagaman AS yang luas.

 

Sementara itu, Wakil Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) Bambang Sutedjo, bersama Duta Besar Hume, juga ikut menyambut para relawan tersebut di Indonesia. Sebelumnya, Sutedjo telah menandatangani perjanjian untuk kerjasama ini di bulan Desember 2009, sebagai wakil dari Pemerintah Indonesia. “Peace Corps sangat gembira dengan sambutan yang diterima para relawan kami dari pemerintah dan rakyat Indonesia,” kata Direktur Peace Corps Aaron Willams dari markas besar organisasi ini di Washington, D.C.

“Sambutan tersebut adalah bukti dari makin berkembangnya ikatan antara rakyat Indonesia dan Amerika. Kami yakin bahwa para relawan kami akan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan rasa pengertian dan kebersamaan lewat kegiatan mereka sebagai guru serta lewat pengapresiasian dan penghormatan mereka atas kebudayaan Indonesia. Sejak kedatangan mereka pada bulan Maret, para relawan tersebut memfokuskan kegiatannya untuk belajar Bahasa Indonesia dan merasakan budaya Indonesia dengan tinggal bersama dengan keluarga Indonesia di Malang," jelas Aaron.

Dubes Hume menyadari bahwa karirnya dimulai sebagai relawan Peace Corps, maka ia mendorong para relawan tersebut untuk memanfaatkan ketrampilan mereka dalam mengajar bahasa Inggris serta kemampuan mereka berbahasa Indonesia yang mereka peroleh belum lama ini untuk meningkatkan hubungan antarmasyarakat. “Peace Corps menumbuhkan perdamaian, persahabatan dan saling pengertian,” kata Duta Besar.

“Kegiatan Anda di sini mendukung Kemitraan Komprehensif baru antara Indonesia dan Amerika Serikat. Anda berkontribusi pada kerjasama pendidikan di tingkat masyarakat akar rumput dan Anda akan memperoleh keuntungan dari persahabatan dan pengalaman baru yang Anda temui.” katanya.

Harvested from: http://www.pikiran-rakyat.com/node/115047
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image