Mahasiswa Teknik UMM Wakili Indonesia di Kontes Robot Dunia

Author : Administrator | Wednesday, June 08, 2016 06:34 WIB | Metro TV News - Metro News

Tim robotika UMM keluara sebagai juara 1 dalam Kontes Robot Indonesia di kategori KRPAI tipe berkaki. (Foto: Metrotvnews.com/ist).Metrotvnews.com, Malang: Tiga mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengukir prestasi cemerlang. Melalui karyanya, robotika UMM menyabet juara I dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) yang berlangsung di Supermall Pakuwon Indah Surabaya, 1-4 Juni.



Tiga mahasiswa tersebut yaitu Imam Fatoni, Salis Muchtar, dan tim mekanik Abdul Haris Ardian. Robotika yang diberi nama Dome ini menjuarai kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki. Keberhasilan ini menggeser dominasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa), yang masing-masing berada di posisi kedua, ketiga, dan keempat.

Salah satu mahasiswa, Imam Fatoni, mengakui, kesuksesan ini tidak lepas dari kerja tim dan dorongan dari keluarga besar UMM. “Kami bersyukur dapat mengungguli perwakilan dari kampus lain yang menjadi langganan juara setiap tahunnya,” kata dia, kepada Metrotvnews.com, Selasa (7/6/2016), malam.

Menurutnya, ada persaingan sangat ketat dalam kompetisi tahun ini. Sebelumnya, di tingkat regional empat yang diikuti perguruan tinggi negeri dan swasta wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Mei lalu, UMM berada di posisi ketiga.

Hasil kemudian menjadi bahan evaluasi tim dalam meningkatkan performa, yakni merombak total robot Dome, baik bagian motor dan kaki-kakinya. "Selisih waktu dan ketepatannya begitu tipis, namun kami mampu unggul dari yang lain,” ungkapnya.

Sementara, Dosen Pembimbing, M Irfan, menyebut, saat lomba, robot diberi kesempatan sebanyak tiga kali. Kesempatan pertama, robot Dome berhasil bertengger di peringkat 1. Namun, di sesi kedua, Dome turun ke peringkat 2.

“Di kesempatan terakhir, berkat stategi yang jitu dari tim maka robot Dome tidak memberi kesempatan lagi pada lawan-lawannya sehingga menjadi juara,” jelas Irfan. Selain menyabet juara 1, tim robot UMM juga meraih penghargaan strategi terbaik.

Tim Robot UMM akan mewakili Indonesia dalam kontes tingkat dunia ‘Internasional Robotics Competitions 2017’ di Trinity College Connecticut, Amerika Serikat.

KRI merupakan kegiatan kontes bidang robotika yang diikuti tim mahasiswa dari institusi atau PTN-PTS yang terdaftar di Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Ada lima divisi yang lombakan, yakni Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).

KRI diselenggarakan dalam empat wilayah tingkat regional, yakni regional 1 wilayah Sumatera dan sekitarnya, regional 2 meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan sekitarnya. Regional 3 meliputi wilayah Jawa Tengah, DIY dan sekitarnya, dan regional 4 meliputi Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara.

(SAN)

Harvested from: http://jatim.metrotvnews.com/peristiwa/3NOYqp7k-mahasiswa-teknik-umm-wakili-indonesia-di-kontes-robot-dunia
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image