RW 06 Tasikmadu Kampung Ramah Lingkungan

Author : Administrator | Monday, January 26, 2015 23:42 WIB | Malang Post - Malang Post

MALANG - Hari pertama penilaian Lomba Kampung Bersinar Tahap II yang digelar Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang, tim juri langsung dibuat kagum perkembangan di RW 06 Kelurahan Tasikmadu, Kecamatan Lowokwaru. Betapa tidak, wilayah ini banyak mengalami perkembangan luar biasa mulai dari penghijauan, kebersihan, inovasi, maupun kerjasama dengan pihak perguruan tinggi.
‘’Kami juga kerjasama dengan pihak Politeknik Negeri Malang membuat sumur resapan dan biopori. Di wilayah kami sudah ada dua sumur resapan dan akan berkembang terus nantinya,’’ kata Ibu Utari, salah satu tokoh penggerak lingkungan di RW 06 Tasikadu kepada tim juri.
Sumur resapan ini juga dijelaskan fungsi dan kegunaannya sehingga masyarakat sekitar mengetahui pentingnya sumur ini. Diantaranya bisa mengurangi aliran permukaan dan mencegah gengangan air, mempertahankan tinggi muka air tanah dan menambah persediaan air tanah.
Begitupula dengan biopori. Wilayah ini sudah memiliki 12 biopori dan akan ditambah lagi jumlahnya. Di penilaian tahap pertama lalu, biopori maupun sumur resapan masih belum ada sama sekali.
‘’Kami sudah memiliki empat bor biopori sehingga jumlahnya nanti akan kita tambah terus,’’ tambahnya.
Sedangkan pemanfaatan sampah juga sangat luar biasa. Hasil menabung dari sampah sudah dikelolah dengan baik oleh masyarakat setempat. Bahkan, masyarakat mengumpulkan sampah untuk membangun masjid. Total hasil sampah yang dikumpulkan masyarakat dan ditransaksikan sudah mencapai Rp 57 juta.
Meski demikian, tim juri tetap memberikan masukkan agar melakukan transaksi di Bank Sampah Malang (BSM).
‘’Tetap harus memiliki tabungan di BSM meskipun di warga sudah bisa menghasilkan uang jutaan rupiah,’’ kata Ian Edy Rajab, salah satu tim juri dari BSM.
Perkembangan lain yang mendapat pujian dari tim juri adalah penghijauhan. Mulai dari pembibitan, tanaman sayur-sayuran hingga tanaman hias cukup merata. Bahkan, warga RW 06 kini sedang membuat taman yang ada di pojok kampungnya. Taman ini terdapat peneduh berupa payung besar yang terbuat dari bahan bekas. Warga menyebutnya sebagai Kampung Ramah Lingkungan seperti slogan yang terpasang di salah satu sudut taman.
Peranan masyarakat sudah tidak diragukan lagi jika melihat lingkungannya yang banyak mengalami perkembangan. Hampir setiap Minggu, warga selalu mengerjakan kerja bahkti tanpa mengenal lelah. Hal ini dibuktikan juga banyak kemajuan.
Warga juga memanfaatkan genteng bekas untuk dijadikan pot. Begitupula ban-ban bekas juga dijadikan taman sehingga tampak lebih indah.
Sedangkan di RW 01 dan RW 03 Tasikmadu masih harus banyak ditingkatkan lagi baik penghijauan maupun kebersihannya.
Sementara itu, di penilaian tahap kedua ini, tim juri juga membagikan 15 biopori kepada seluruh peserta lomba. Setiap menilai, tim juri juga membagikan biopori dengan harapan terus dikembangkan masyarakat.
Selasa (27/1) hari ini, tim juri akan melakukan penilaian di Kelurahan Mojolangu dan Tunjungsekar.
Tim juri Lomba Kampung Bersinar dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri DR. Ir Aniek Iriany MP (Dosen Universitas Muhammadiyah Malang), Aini Chikmawati (PKK Kota Malang), Jon Soeparijono (Malang Post), Yan Edi Rajab (Bank Sampah Malang), Kriswindari (Kader Lingkungan Kota Malang) dan Roni Kuncoro (DKP).
Juri kelompok dua yakni, Prof Dr Ir Tri Poespowati MT (Dosen ITN), Djuwartiningsih (PKK Kota Malang), Marga Nurtantyo (Malang Ekspres/Malang Post), Indra Murjiati (BSM), M Djainul A (Kader Lingkungan), dan Samsul Arief (Dinas Pertanian Kota Malang).

Harvested from: http://malang-post.com/kota-malang/98036-rw-06-tasikmadu-kampung-ramah-lingkungan
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image