Rusia Terkesan dengan UMM

Author : Administrator | Wednesday, March 23, 2016 12:55 WIB | Malang Post - Malang Post

SINERGI: Rektor UMM Drs Fauzan M.Pd dan Kepala Bidang Ekonomi Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia, Veronika Novoselteva PhD. (HUMAS UMM/ Malang Post)


MALANG - Hubungan kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) semakin gencar. Setelah Korea Selatan dan New Zealand, UMM mendapat kunjungan dari Rusia, kemarin. Kegiatan ini digelar dalam rangka mempererat tali silaturahmi melalui kemitraan akademik.
Rektor UMM Drs Fauzan MPd menuturkan, kerjasama UMM dengan Rusia kali ini menambah daftar panjang kerjasama luar negeri yang telah dijalin UMM dengan 104 negara lainnya.

Fauzan berujar bahwa kedatangan perwakilan Rusia di UMM akan membuka wawasan dan kerjasama dengan Rusia.
“Kita sudah mencanangkan di 2016 ini akan banyak kerjasama yang akan kita buat, saya harap Rusia menjadi salah satu yang akan bekerjasama dengan UMM,” ujarnya.
Lebih lanjut lagi rektor yang baru saja dilantik itu mengatakan melalui Beasiswa Darmasiswa, salah satu beasiswa akademik yang dimiliki UMM, Rusia telah mengirim banyak mahasiswanya untuk belajar budaya dan bahasa Indonesia di berbagai kampus di Indonesia, termasuk di UMM.
Sayangnya, Darmawan Suparno, Koordinator Pendidikan, Sosial dan Bidaya (Pensosbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moscow, Ruisa, mengatakan jika hal itu tidak sebanding dengan jumlah mahasiswa di Indonesia yang dikirim ke luar negeri.
“Namun mahasiswa Indonesia yang belajar ke Rusia jumlahnya masih sangat sedikit, hanya sekitar 224 orang saja. Padahal Malaysia saja bisa sampai tiga ribu mahasiswa yang dikirim ke Rusia,” ungkapnya.
Kepala Bidang Ekonomi Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia, Veronika Novoselteva PhD mengungkapkan Muhammadiyah dan Rusia telah memiliki kerjasama yang sangat baik. Bahkan, ia juga mengisahkan dalam beberapa kesempatan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin kerap diundang mengisi ceramah di hadapan seluruh muslim di Rusia.
Kesan baik Muhammadiyah tak hanya ditularkan oleh Din Syamsuddin. Menurutnya UMM juga menjadi kampus dengan kualitas bersaing di ranah Internasional. “UMM merupakan kampus yang bagus. Saya secara pribadi mengenal sosok Din Syamsuddin. Saat saya akan ke Malang dan ke UMM, saya bilang ke beliau dan ia sangat senang mendengarnya,” ujarnya dalam bahasa Indonesia yang lancar. (mg6/oci)

Harvested from: http://www.malang-post.com/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared: