Jadi Menteri, Muhadjir Pamit Si Buya

Author : Administrator | Friday, July 29, 2016 13:47 WIB | Malang Post - Malang Post

YOGYAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy meminta nasehat pada sesepuh Muhammadiyah, Ahmad Syafii Ma'arif sebelum dilantik Presiden Joko Widodo untuk mengganti posisi Anies Baswedan, kemarin siang.
"Kemarin, pagi-pagi sebelum dilantik, Muhadjir temui saya di Yogyakarta. Nasehat saya, anda harus all-out. Kalau sudah jadi menteri, bukan lagi menteri Muhammadiyah, tapi menteri rakyat Indonesia," kata Syafii Maarif pada wartawan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Kamis (28/7/2016) kemarin.
Pria yang akrab disapa si-Buya ini mengenal betul sosok Muhadjir Effendy, mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang. Menurutnya, Muhadjir memiliki banyak pengalaman dalam dunia pendidikan.
"Muhadjir salah satu Ketua PP Muhammadiyah, dia berpengalaman dalam pendidikan. Dari segi pengalaman, Muhadjir lebih berpengalaman dari Anies," imbuh mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2000-2005 ini.
Menurutnya, diangkatnya Muhadjir sebagai Mendikbud menggeser Anies Baswedan karena banyak pertimbangan. Terlebih, Muhadjir bisa dianggap untuk mewakili organisasi Muhammadiyah di pemerintahan.
"Muhadjir (diangkat sebagai Mendikbud), saya rasa sesuatu yang positif. Walaupun sesungguhnya Anies juga baik, mungkin ada pertimbangan-pertimbangan politik, cultural, karena kader Muhammadiyah engak terwakili," katanya.
Sebagaimana diketahui, Anies Baswedan merupakan salah satu dari 13 menteri yang terkena reshufle jilid II pada Rabu 27 Juli 2016 kemarin. Anies melepaskan jabatannya untuk diberikan kepada Muhadjir. (oke/aim)

Harvested from: http://www.malang-post.com/news/nasional/jadi-menteri-muhadjir-pamit-si-buya
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared: