Ingin Jadi Tempat Wisata di Kampungnya Sendiri

Author : Administrator | Wednesday, March 04, 2015 00:30 WIB | Malang Post - Malang Post

MALANG- Wilayah RW 01 Kelurahan Gading Kasri banyak mengalami peningkatan pada Lomba Kampung Bersinar yang digelar Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang. Di beberapa indikator penilaian, seperti daur ulang, penghijauan, maupun kebersihan. Begitupula Bank Sampah Malang (BSM)-nya juga sangat bagus.
‘’Kami sudah memiliki tiga sumur resapan dengan kedalaman sekitar empat meter. Di bawahnya ada ijuk, batu dan pasir. Sumur resapan ini sudah ada sekitar empat tahun yang lalu. Sedangkan biopori sudah ada 50 buah,’’ kata Ketua RW 01 Gading Kasri Markasan kepada tim juri saat melakukan penilaian, kemarin.
Markasan mengakui sangat bersyukur mengikuti Lomba Kampung Bersinar yang digelar rutin setiap tahun ini. Sejak awal, ia sudah berjuang habis-habisan menyadarkan masyarakatnya akan pentingnya lingkungan sekitarnya. ‘’Walaupun kini tidak seratus persen lagi, tetapi warga kami sudah giat. Memang masih banyak yang harus kami perbaiki lagi,’’ kata Markasan penuh semangat.
Keseriusan warga menjadikan lingkungannya lebih baik bisa dilihat dari lingkungannya. Kini wilayah RW 01 ini tampak lebih hijau dan asri. Bahkan gang-gang kecil pun ditanami bunga maupun sayuran. Memang ada beberapa gang yang kelihatan masih kurang penghijauannya. ‘’Keinginan kami tiga tahun yang lalu ingin menjadi tempat wisata bagi RW kita sendiri. Di wilayah kami ada lahan kosong yang sekarang ini kami Tanami mangga dan pisang. Warga bisa refereshing disana,’’ tambahnya.
Sementara itu di wilayah RW 06 Gading Kasri, penghijauannya juga sudah cukup bagus, namun ada beberapa gang yang masih perlu dihijaukan lagi. Semangat warga pun sudah cukup bagus.
Sementara itu tim juri Lomba Kampung Bersinar dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri DR. Ir Aniek Iriany MP (Dosen Universitas Muhammadiyah Malang), Aini Chikmawati (PKK Kota Malang), Jon Soeparijono (Malang Post), Yan Edi Rajab (Bank Sampah Malang), Kriswindari (Kader Lingkungan Kota Malang) dan Roni Kuncoro (DKP). Juri kelompok dua yakni, Prof Dr Ir Tri Poespowati MT (Dosen ITN), Djuwartiningsih (PKK Kota Malang), Marga Nurtantyo (Malang Ekspres/Malang Post), Indra Murjiati (BSM), M Djainul A (Kader Lingkungan), dan Samsul Arief (Dinas Pertanian Kota Malang).

Harvested from: http://www.malang-post.com/kota-malang/99562-ingin-jadi-tempat-wisata-di-kampungnya-sendiri
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared: