Gali Keunggulan dengan Produk Pangan

Author : Administrator | Tuesday, October 06, 2015 21:59 WIB | Malang Post - Malang Post

MALANG - Beragam produk olahan pertanian dipamerkan di UMM Dome, Selasa (6/10/15). Pameran dalam rangka Hari Krida Pertanian ke-43 ini menampilkan beragam produk pangan unggulan dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Salah satunya stand mahasiswa Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ikut serta dalam pameran tersebut.
Mulai tanaman yang ditanam dengan metode hidroponik, drone pengukur luas lahan pertanian, dan berbagai produk olahan University Farm FPP UMM juga menjadi pusat perhatian para pengunjung. 
“Senang sekali setiap tahun selama kuliah di UMM dapat ikut serta dalam merayakan Hari Krida Pertanian ini, kami para mahasiswa FPP dapat mengetahui produk pangan dari berbagai daerah di Jawa Timur, tidak hanya produk pangan dari daerah kita sendiri saja,” kata Eva, mahasiswa Ilmu Teknologi Pangan (ITP) dirilis Humas UMM.

Ir Hadi Prasetyo ME, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur memberikan dukungannya pada para petani dan pelaku bidang pertanian untuk terus mendedikasikan diri mengembangkan produk pertanian dan produk olahan. “Apalagi menjelang MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) yang sudah di depan mata, kita harus bisa unggul dari negara lain terutama dalam bidang agri,” ujarnya. 
      Pembantu Rektor II UMM, Drs Fauzan MPd turut memberikan dukungannya. Dalam sambutannya, ia berterimakasih karena memilih UMM menjadi ajang perayaan Hari Krida Pertanian. “Ini bisa memotivasi mahasiswa kami dalam meningkatkan produksi pertanian yang ada di daerah-daerah terutama saat mereka menjalani masa KKN (Kuliah Kerja Nyata), minimal bisa diaplikasikan ilmunya di desa tempat mereka mengabdi,” kata Fauzan.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Propinsi Jawa Timur, Wibowo Ekoputro dan Asisten Bidang Ekonomi dan Perekonomian Propinsi Jawa Timur telah menghadiri acara tersebut.
Ia menyampaikan, tujuan dari HUT pertanian ini dalam rangka bersyukur apa yang sudah diproses melaui budidaya tanaman pangan dan holtikultura dapat memberikan hasil yang maksimal.
Selain itu, harga di pasar sayuran dan buah sudah stabil atau sangat baik, karena pemerintah pusat menetapkan tahun 2015 sudah dimulainya, upaya peningkatan produksi di komoditi yang strategis.
“Karena di Jatim kita sudah berswasembada dan berdaulat pangan yang tinggi, seperti hasil produk padi mencapai 43 persen, dan jagung mencapai 95 persen. Setiap tahun produksi pertanian di Jatim meningkat,” pungkasnya. (mg12/oci)

Harvested from: http://www.malang-post.com/pendidikan/108198-gali-keunggulan-dengan-produk-pangan
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared: