cari Belajar Industri Media, Mahasiswa UMM Kunjungi Malang Post

Author : Administrator | Thursday, April 07, 2016 13:03 WIB | Malang Post - Malang Post

POSE: Mahasiswa UMM foto bersama Manajer Bisnis Malang Post, Buari saat acara kunjungan ke kantor Harian Pagi Malang Post, sore kemarin. (FOTO : IPUNK/MALANG POST)

MALANG – Kantor Redaksi Harian Pagi Malang Post pada Kamis (7/4/16) kemarin, dikunjungi mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang.  Sebanyak 50 mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi datang berkunjung untuk mengetahui lebih banyak tentang industri media massa khususnya media cetak.

Kunjungan diterima langsung oleh Buari selaku Manager Bisnis Malang Post. Kepada para mahasiswa Buari menjelaskan mengenai  proses pembuatan berita, percetakan koran, administrasi hingga proses distribusi koran sampai ke tangan konsumen.  Tampak para mahasiswa menyimak dan memperhatikan penjelasan secara seksama.
Kepada Malang Post, Dwi Wahyuningtyas salah satu mahasiswa mengaku dari materi yang disampaikan menjadi lebih memahami  media cetak di dunia bisnis.
“Kami ingin menambah wawasan kami untuk mengetahui perkembangan bisnis surat kabar,” ucapnya.
Ia menambahkan, ketertarikan berkunjung ke Malang Post juga ingin lebih memahami lebih dalam eksistensi media cetak di tengah maraknya bisnis media online. Sebab menurutnya menjadi hal yang menarik suatu media cetak masih eksis dan terus menyampaikan berita kepada masyarakat, padahal di masa kini informasi bisa lebih mudah didapat dengan teknologi yang lebih maju.
“Jadi kami ingin lebih mendalami pengetahuan kami dan secara real melihat bagaimana proses pembuatan berita hingga bisa dinikmati konsumen,“ katanya.  
Usai mendapatkan materi, para mahasiswa diajak untuk melihat langsung kondisi di ruang Redaksi Malang Post. Beberapa mahasiswa tampak mengajukan pertanyaan terkait pembuatan berita mulai  proses peliputan hingga menjadi berita.  
“Teori yang kami dapat di kampus untuk penerapannya tentunya sangat berbeda. Dengan kunjungan ini kami berharap mendapat bekal yang berharga sebelum terjun langsung di lapangan sebagai jurnalis. Dan ini juga menjadi bagian dari tugas UTS kami,” jelasnya.
Ia menambahkan, media Malang Post sangat tepat menjadi rujukan mahasiswa untuk belajar. Sebagai media lokal, Malang Post memuat paling banyak berita seputar Malang Raya serta berbagai informasi terkait pendidikan di berbagai  kampus.  
 Sementara itu, H. Husnun N Djuraid selaku dosen pembimbing, mengatakan kunjungan mahasiswa ke media surat kabar Harian Pagi Malang Post merupakan salah satu kegiatan untuk menambah pengetahuan tentang media surat kabar. Ia berharap kepada mahasiswa untuk dapat memaksimalkan  kesempatan yang baik selama berkunjung ke Kantor Redaksi Malang Post sebagai tugas UTS yang harus mereka selesaikan. (mp3/sir/oci)
Harvested from: http://www.malang-post.com/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image