Belajar Gratis di Warung Prancis

Author : Administrator | Thursday, July 30, 2015 00:07 WIB | Malang Post - Malang Post

MALANG – Bagi Anda yang tertarik belajar ragam budaya negara romantis, Prancis, kini tak perlu pusing lagi. Pasalnya, di kota Malang telah hadir pusat pembelajaran bahasa dan budaya Prancis secara gratis pertama yang berlokasi di Politeknik Negeri Malang (Polinema) berlabel Warung Prancis.
Berawal dari tahun 2013, Doddy Maulana, SE., MT., MSc. seorang dosen Polinema yang mendapatkan tawaran dari Kedutaan Besar untuk membumikan informasi tentang negara Prancis di kota Malang. Karena ditujukan untuk meringankan tugas kedutaan Prancis, maka member tak akan dipungut biaya sepeser pun.

Kepada Malang Post, Doddy menyatakan, siapapun yang berminat boleh mendaftarkan diri sebagai member Warung Prancis. Setiap minggu, mereka akan mendapatkan pembelajaran bahasa dalam bentuk learning group. Kegiatannya tentu membiasakan diri berbicara menggunakan bahasa Prancis dimulai dari percakapan sederhana antar anggota group lainnya.
Untuk seru-seruan, ada banyak koleksi film Prancis yang memang disediakan untuk ditonton oleh siapa saja. Selain membiasakan diri dengan pelafalan bahasa Prancis, film juga menyuguhkan tampilan budaya keseharian masyarakat Prancis.
“Melalui film seluruh anggota french group bisa belajar bagaimana pronounciation bahasa Prancis yang benar dengan cara yang asyik. Kalau sambil nonton film kan nggak kerasa belajarnya,” terang Doddy.
Saat ini, French group yang ada di Warung Prancis sudah memiliki 100 anggota dari berbagai wilayah termasuk Polinema, Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Malang, hingga siswa SMA. Mereka memang berkoloni untuk tujuan pembiasaan bahasa Prancis agar semakin fasih berbicara.
“French group ini latihannya setiap hari Jumat. Mereka juga nonton film bareng setiap seminggu sekali, masak makanan Prancis, menggelar charity dengan kegiatan buka puasa bersama. Kita juga ada acara rutin membuat festival budaya Prancis,” urai Doddy.
Tak hanya itu, di Warung Prancis beragam informasi mengenai pendidikan lanjut dan beasiswa di perguruan tinggi Prancis tersedia dengan lengkap. Siapa saja yang berminat bisa mengakses informasi melalui staff yang ada dimarkas besar yang berlokasi di Kantor Urusan Internasional (KUI) Gedung Pusat  Informasi Polinema.
“Kalau mau tanya soal beasiswa di Prancis kita bisa beri informasi, jurusan yang baik di perguruan tinggi mana nanti kita arahkan,” tandas pria yang juga sebagai dosen teknik elektro di Polinema tersebut.

Harvested from: http://www.malang-post.com/pendidikan/105472-belajar-gratis-di-warung-prancis
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared: