Balearjosari Bangga Lingkungannya Berubah

Author : Administrator | Saturday, February 21, 2015 23:55 WIB | Malang Post - Malang Post

MALANG - Warga RW 07 Kelurahan Balearjosari, Kecamatan Blimbing sangat bangga dengan mengikuti Lomba Kampung Bersinar yang digelar Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang. Warga tidak berpedoman pada rangking penilaian namun lebih mementingkan adanya perubahan masyarakat terhadap lingkungannya.
‘’Kita tidak berpedoman pada rangking, tetapi kesadaran masyarakatnya,’’ kata salah satu Kader Lingkungan RW 07 Balearjosari, Supriyadi kepada tim juri saat evaluasi, kemarin.
Menurut Supriyadi yang juga Wakil Ketua RW ini, warganya juga senang mendapatkan bantuan biopori. Hanya saja ada wilayah yang sulit dipasang biopori ataupun sumur resapan, karena tanah digalih kedalaman satu meter sudah keluang airnya.
Sementara itu tim juri mengaku sangat senang dengan perkembangan di RW 07 Balearjosari. Dari tahun ke tahun wilayah ini banyak mengalami peningkatan baik penghijauan maupun kebersihannya. Sepanjang jalan di RW 07 sudah banyak ditanami tanaman bunga, sayur-sayuran hingga tanaman toga. Tak heran jika melintas di jalan ini terasa lebih asri dan segar. Begitupula tanaman toga juga sudah merata. Hampir di setiap RT terdapat taman toga yang dimanfaatkan oleh warga setempat. ‘’Toganya sudah sangat bagus dan sudah dimanfaatkan oleh warga. Toga juga sudah diberi identifikasi,’’ kata Aini Chikmawati, Tim Juri dari PKK Kota Malang.
Sementaraitu Ian Edy Rajab, tim juri dari Bank Sampah Malang (BSM) memberi masukan soal BSM. Pasalnya, di wilayah ini sebenarnya sudah lama gabung BSM. Hanya saja sempat vakum dan warga minta pembayaran kontan. ‘’Kini BSM sudah bisa melayani pembayaran kontan. Kalau awal-awal berdirinya BSM memang belum bisa,’’ kata Ian Edy Rajab.
Menurut Ian pula, wilayah RW 07 Balearjosari ini juga memiliki budidaya cacing yang hasilnya sudah sangat luar biasa. Sekali panen sudah bisa menghasilkan Rp 1,7 juta.
Sementara itu, tim juri Lomba Kampung Bersinar dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri DR. Ir Aniek Iriany MP (Dosen Universitas Muhammadiyah Malang), Aini Chikmawati (PKK Kota Malang), Jon Soeparijono (Malang Post), Yan Edi Rajab (Bank Sampah Malang), Kriswindari (Kader Lingkungan Kota Malang) dan Roni Kuncoro (DKP).
Juri kelompok dua yakni, Prof Dr Ir Tri Poespowati MT (Dosen ITN), Djuwartiningsih (PKK Kota Malang), Marga Nurtantyo (Malang Ekspres/Malang Post), Indra Murjiati (BSM), M Djainul A (Kader Lingkungan), dan Samsul Arief (Dinas Pertanian Kota Malang). (jon)

Harvested from: http://www.malang-post.com/kota-malang/99095-balearjosari-bangga-lingkungannya-berubah
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared: