18 Mahasiswa Asing Belajar Budaya Indonesia di UMM

Author : Administrator | Wednesday, September 02, 2015 00:56 WIB | Malang Post - Malang Post

MALANG - Sebanyak 18 mahasiswa asing program Darmasiswa resmi diterima di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Selasa (1/9/15).
Arthur Balazy mahasiswa asing program Darmasiswa UMM asal Polandia mengungkapkan sangat tertarik dengan kebudayaan Indonesia karena sebelumnya telah beberapa waktu sebelumnya tinggal di daerah Lamongan, Jakarta dan Padang. 
“Saya sangat ingin belajar lebih tentang kebudayaan Indonesia. seperti kebudayaan Jawa atau Bali. Serta sangat ingin lebih mendalami bahasa Indonesia,” kata pria yang juga tergabung dalam European Volunteer Service ini.
Selama 10 bulan, 18 mahasiswa asing yang berasal dari Ukraina, Jerman, Belanda, Polandia, Aljazair, Maroko, India, Irak, Jepang, Kamboja, Uzbekhistan, Vietnam, dan Thailand ini akan diberikan program-program yang menitik beratkan pada kelas bahasa dan cross culture understanding.

Dr. Arif Budi Wurianto, Kepala UPT Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), menuturkan program atau kegiatan yang akan dijalani oleh ke- 18 mahasiswa asing tersebut diantaranyan adalah yang paling utama adalah kelas bahasa Indonesia, kemudian kelas kebudayaan dan outing class.
“Yang menarik nantinya adalah outing class. Karena, mereka akan kami ajak langsung berinteraksi dengan masyarakat Indonesia. Salah satu kegiatan tersebut adalah tinggal di rumah penduduk selama beberapa hari, praktek berbicara di kantor pos atau pasar sampai belajar kebudayaan Malang seperti wayang, batik, dan sejarahnya,” paparnya.
Budi menjelaskan, Program Darmasiswa sendiri merupakan sebuah program pertukaran mahasiswa asing yang dibiayai pemerintah Indonesia yang menunjuk beberapa kampus yang dipercaya untuk mendidik mahasiswa asing yang ingin belajar di Indonesia.
Ia menambahkan, di Malang tidak hanya UMM saja yang menerima mahasiswa asing dari program Darmasiswa. Terdapat UM, IKIP Budi Utomo, Polinema, VEDC, dan STIE Malang Kucecwara yang turut mendapat kesempatan baik seperti ini.
UMM telah memasuki tahun kesembilan dalam melayani mahasiswa asing dari berbagai Negara. Tahun ini, sebanyak 18 mahasiswa asing dan jumlah ini merupakan jumlah terbanyak dibandingkan dengan kampus lainnya. 
 “Mahasiswa-mahasiswi asing ini nantinya diharapkan menjadi duta kebudayaan Indonesia di negara mereka masing-masing. Sehingga, budaya Indonesia makin diperhitungkan di kancah internasional,” pungkas Budi. (mg9/oci)

Harvested from: http://www.malang-post.com/pendidikan/106687-18-mahasiswa-asing-belajar-budaya-indonesia-di-umm
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared: