Wahana Edukatif untuk Pembelajaran

Author : Administrator | Wednesday, August 08, 2012 15:06 WIB | Koran Pendidikan - Koran Pendidikan
Wahana Edukatif untuk Pembelajaran
 

MALANG - Kesan gembira tampak pada wajah puluhan siswa kelas 2/B SDN Pagentan 02 Singosari saat mendatangi beberapa lokasi di kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) beberapa waktu lalu. Yang mereka kunjungi diantaranya pusat pengkajian ilmu dan teknologi (puspaiptek), biogas, PLTMH, dan lab mikrohidro.
“Kedatangan mereka ini dalam rangka study tour untuk membekali wawasan pembelajaran secara nyata. Mereka belajar langsung di luar materi teori yang biasa didapatkan di kelas,” demikian Sutomo, guru kelas yang turut memandu kegiatan siswa tersebut.
Menurut ia, di beberapa lokasi yang dikunjungi ini, mereka menggali wawasan keilmuan secara langsung. Dipandu oleh guru, mereka diterangkan secara konkrit dan detail tentang fungsi dan kegunaan masing-masing obyek pengamatan di lokasi yang dituju.
“Kegiatan study tour ini sengaja mengambil lokasi tujuan berganti-ganti sebagai wahana pembelajaran yang tepat bagi siswa. Di lokasi yang diamati, mereka bebas bertanya apa saja, dan ternyata mereka antusias sehingga beragam pertanyaan pun muncul. Ini cukup membanggakan,” ujar Sutomo.
Kegiatan seperti ini mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah dan wali murid sehingga berjalan dengan lancar dan teragenda rutin untuk dilakukan. Selain kampus, juga mengunjungi beberapa lokasi pembelajaran seperti sawah, Kendedes dan sungai.
“Siswa juga bisa mengetahui sungai kotor dan dampak pembuangan sampah sembarangan,” pungkas Sutomo. sup-KP

Harvested from: http://www.koranpendidikan.com/view/1514/wahana-edukatifuntuk-pembelajaran.html
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image