Unjuk Kreativitas di ME Awards

Author : Administrator | Wednesday, May 16, 2012 09:02 WIB | Koran Pendidikan - Koran Pendidikan
Unjuk Kreativitas di ME Awards
 

UMM- Bagaimana jika manusia berkolaborasi dengan robot dalam pertunjukan teaterikal? Pasti unik. Pemandangan tersebutlah yang tersaji dalam salah satu kategori lomba dpada gelaran Muhammadiyah Education (ME) Award 2012 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Selain peserta lomba teater robot, tak kurang 4.000 pelajar dan guru pendamping ikut bagian dalam memeriahkan agenda tahunan Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur ini.

Ternyata kolaborasi yang dibawakan oleh sekolah-sekolah Muhammadiyah tersebut mampu memukau dewan juri dan para penonton. Salah satunya pertunjukan teater yang dibawakan oleh SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Dalam pertunjukkannya disajikan robot-robot bertopeng Panji, Gunung Sari dan Kelana Sewadono yang dengan kompaknya menari bersama salah satu siswa, imron Rohman.

Acara tersebut dibuka Ketua PWM Jatim, Prof Dr Thohir Luth, dan ditutup Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Dr Din Syamsuddin. Turut memberi sambutan, Ketua PP Muhammadiyah yang juga mantan Ketua PWM Jatim, Prof Dr Syafiq A Mughny. “Pendidikan merupakan proses yang lembut tetapi memiliki kekuatan yang dahsyat,” kata Syafiq. 

Untuk itu, ajang seperti ini hendaknya dijadikan sebagai pembentukan karakter kompetitif para pelajar Muhammadiyah, menjalin silaturahim dan membentuk jaringan. Hal sama diungkapkan Thohir Luth. Menurutnya, ajang ME Award sangat penting untuk membuktikan betapa seriusnya Muhammadiyah menyiapkan kader-kader persyarikatan untuk menjadi pelopor dalam berbagai bidang; keilmua, seni, kemasyarakatan, kebangsaan dan lain-lain. 

“Even tahunan ini sekaligus juga menjadi media pendidikan holistic bagi kader persyarikatan yang memiliki penguasaan luas,” kata Thohir. Tahun ini, ME Award mengambil tema “Building Miracle from Future Your Creativity”. Cabang-cabang yang dikompetisikan antara lain sains, matematika, fisika, business plan, desain website dan majalah, Alislam dan Kemuhammadiyahan in Arabic and English. Mulai tahun ini pula ada dua cabang baru, yakni kompetisi Robotic dan Film Indie..nia-KP

Harvested from: http://www.koranpendidikan.com/view/834/unjuk-kreativitas-di-me-awards.html
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image