UMM Lahirkan Doktor Pertama

Author : Administrator | Friday, February 24, 2012 12:12 WIB | Koran Pendidikan - Koran Pendidikan
UMM Lahirkan Doktor Pertama
 

UMM- Jangan banyak berharap ada perbaikan kualitas demokrasi jika dalam proses pemilu masih belum bisa mendewasakan masyarakat. Inilah yang di-sampaikan oleh doktor pertama Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Sunjoto dalam ujian terbukanya Sabtu (18/2).

Dalam ringkasan disertasinya berjudul “Komunikasi Politik antara Calon Legislatif dengan Pemilih pada Pemilu di Kabupaten Tulungagung Tahun 2009”, Sunjoto menyebut bahwa seorang anggota legislative mendapatkan suara terbanyak dengan multistrategi. Sayangnya strategi tersebut tidak mendewasakan rakyat karena biasanya melekat pada kedekatan hubungan baik kerabat, social, personal dan politik.

“Bahkan tak jarang dilakukan dengan pemberian reward berupa uang kepada calon pemiih. Pada akhirnya, broker suarayang menentukan hasil pemilihan,” ungkap Sunjoto.

Pendewasaan politik menurutnya juga tidak dibangun melalui proses komunikasi politik yang belum didasarkan pada kualitas program yang ditawarkan. “Banyak dikemukakan ahli bahwa proses seperti ini belum memberikan harapan perbaikan kualitas demokrasi,” imbuhnya.

Menurutnya keadaan tersebut bisa diperbaiki melalui perbaikan peraturan perundangan pemilu. Serta ditopang pemberian sanksi yang cukup dan peradilan pemilu yang independen. Termasuk memperkuat Bawaslu di daerah-daerah. .....nia-KP

Harvested from: http://www.koranpendidikan.com/view/135/umm-lahirkan-doktor-pertama.html
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image