Trans TV Kuak Investigasi

Author : Administrator | Wednesday, May 23, 2012 09:51 WIB | Koran Pendidikan - Koran Pendidikan
Trans TV Kuak Investigasi
 

UMM- Bagaimana trik untuk menjadi seorang wartawan muda yang pandai melakukan investigasi, Sabtu (19/5) lalu dikuak oleh Pimpinan Redaksi Trans TV, Gatot Triyanto saat mengisi kuliah tamu, di ruang sidang FEB Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).  Tak hanya itu, ia pun menawarkan magang jurnalistik bagi mahasiswa yang memang tertantang untuk menjadi seorang jurnalis.

Tak mau menyia-nyiakan kesempatan tersebut, para mahasiswa pun berebut melontarkan pertanyaan seputar investigasi televisi. "Jadi seorang wartawan investigasi memang tidak mudah, ia harus pandai berkamuflase, menyamar dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi," ucapnya tentang seluk beluk acara Reportase Investigasi di depan sekitar 100 mahasiswa komunikasi dan jurnalis kampus. .

Selain itu, berita yang ditayangkan di dalam tayangan investigasi pun tak boleh direkayasa karena dengan direkayasa maka hasil wawancaranya tidak natural. Karena itu wartawan harus sabar dan jeli. Semisal ketika menguak tentang pelanggaran lalu lintas yang ada di suatu titik maka ia harus dengan sabar menunggu di titik tersebut hingga benar-benar ada yang melanggarnya tak boleh direkayasa.

Seusai menyampaikan ia pun menawarkan magang jurnalistik bagi mahasiswa. Menurutnya sejauh ini lulusan UMM yang bekerja di Trans TV sudah menunjukkan kinerja yang sangat baik. Ke depan, agar benar-benar siap jadi jurnalis maupun jadi broadcaster, sebaiknya melakukan magang dulu. Sebaliknya, UMM menawarkan kepada Trans TV untuk memanfaatkan laboratorium yang ada di kampus untuk kepentingan investigasinya. 

Kepala Humas, Nasrullah menyatakan siap membantu stasiun televisi swasta itu untuk melakukan riset pasca maupun sebelum melakukan investigasi. Hasil-hasil riset dosen dan mahasiswa UMM, katanya, sangat penting dipublikasikan melalui media televisi. “Saya kira UMM siap dengan fasilitasnya untuk membantu memberi pencerahan kepada masyarakat  melalui hasil-hasil penelitiannya. Melalui tayangan investigasi dan hasil uji lab UMM, semoga masyarakat semakin aware terhadap apapun yang ada di sekitarnya,” kata Nasrullah..nia-KP

Harvested from: http://www.koranpendidikan.com/view/894/trans-tv-kuak-investigasi.html
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image