Tim KKN UMM Latih Usaha Bersama

Author : Administrator | Thursday, August 02, 2012 10:42 WIB | Koran Pendidikan - Koran Pendidikan
Tim KKN UMM Latih Usaha Bersama
 

DAU – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik kelompok 90A Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan pelatihan pembuatan nata de coco kepada anggota Posdaya ‘Mawar’ di Desa Sumber Sekar, Kecamatan Dau Kabupaten Malang beberapa waktu lalu. Pelatihan ini bertujuan untuk menggungah semangat peserta untuk mengembangkan posdaya lewat usaha bersama sehingga hasilnya mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga.
Rina Ngesti Anggraini, koordinator desa (Kordes) tim KKN kelompok 90A menjelaskan tentang kandungan, manfaat, bahan, dan proses pembuatan makanan kemasan nata de coco. Menurutnya, minuman ini merupakan makanan banyak dikenal  masyarakat, namun untuk proses pembuatannya masih belum dipahami oleh masyarakat. “Nata De Coco ini salah satu makanan yang dapat digunakan untuk melancarkan metabolisme,” ungkap Rina.
Bahan yang digunakan untuk membuat nata de coco pun sangat sederhana, diantaranya air kelapa, gula, pupuk ZA, dan starter bakteri. Proses pembuatannya, air kelapa dimasak hingga mendidih, lalu tuangkan satu sendok makan gula dan satu sendok teh untuk satu liter air kelapa.
“Setelah itu angkat dan diamkan air kelapa yang sudah mendidih dalam nampan, lalu masukkan 200 ml starter bakteri saat air kelapa sudah dingin,” urainya.
Peserta posdaya pun diajak langsung terlibat dalam proses pembuatan nata de coco. Sutramiarsi, salah satu peserta dari anggota posdaya melakukan proses pembuatan nata de coco. Ia lalu mencampur air kelapa yang sudah dingin dengan starter.
Tim KKN 90A berharap, anggota posdaya Mawar selanjutnya dapat mengembangkan usaha bersama jenis makanan atau minuman sejenis nata de coco ini. Jika sudah terbentuk usaha bersama, nantinya hasil akan dapat dirasakan oleh anggota posdaya.
“Kami berharap agar posdaya Mawar ini dapat berkembang dan maju, sehingga ada satu produk yang dapat dipasarkan dan dikenal oleh masyarakat luar,” harap Rina. Dari hal itu, tambahnya, kesejahteraan masyarakat yang memberdayakan keluarga akan dapat ditingkatkan secara maksimal. sup-KP

Harvested from: http://www.koranpendidikan.com/view/1463/tim-kkn-umm-latih-usaha-bersama.html
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image