Tenaga Keperawatan Masih Dipandang Sebelah Mata

Author : Administrator | Monday, June 08, 2009 20:46 WIB | Koran Pendidikan - Koran Pendidikan

UMM – Keilmuan tenaga keperawatan sekarang ini jauh lebih meningkat dibanding sebelumnya. Kalau sebelumnya tenaga keperawatan hanya sekadar bisa merawat, tapi sekarang lebih dari itu, yakni juga mampu menangani yang biasa ditangani bidan mapun dokter. Seperti dalam penanganan persalinan misalnya, bagi tenaga keperawatan sudah mampu menanganinya sendiri.

Menurut Dekan Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang (Fakes -UMM), Tri Lestari Handayani, M, kep, Sp.Mat, meningkatnya keilmuan yang dimiliki tenaga keperawatan sekarang ini karena tingkat pendidikannya sudah sampai jenjang sarjana. ‘’Kalau sebelumnya, tingkat pendidikannya memang hanya sanpai setara dengan SLTA,’’ kata Tri Lestasi di ruang kerjanya belum lama ini.

Meski tingkat pendidikannya sudah sampai jenjang sarjana, namun menurutnya, masih banyak belum diketahui oleh masyarakat luas, termasuk para dokter. Buktinya sampai sekarang ini masih banyak dokter yang meragukan kemampuan yang dimiliki tenaga keperawatan. ‘’Ini berarti menunjukkan mereka masih belum mengetahui tingkat pendidikan tenaga keperawatan ysng dimiliki sekarang ini,’’ jekas Tri Lestari menyayangkan.
Apakah tidak ada upaya untuk menjelaskan kepada mereka, bahwa kemampuan yang dimiliki tenaga keperawatan sekarang ini ? Menurutnya tidak. Namun dia hanya berpesan kepada para lulusannya agar menunjukkan kemampuan yang dimilikinya sekarang ini, jika terjun di masyarakat.

Lebih lanjut ia katakan, bahwa keilmuan yang dimiliki tenaga keperawatan sekarang ini sebenarnya tidak kalah dengan kemampuan yang dimiliki tenaga bidan, seperti membuka praktek mandiri dalam penanganan persalinan, misalnya. Hanya saja untuk membuka praktek mandiri, bagi tenaga keperawatan masih ada kendala dalam hal izin. ‘’Ya mudah-mudahan untuk tenaga keperawatan juga bisa memperoleh izin praktek mandiri,’’ ujarnya mengharap.. mir/sir-KP

Harvested from: http://www.koranpendidikan.com/artikel/3584/tenaga-keperawatan-masih-dipandang-sebelah-mata.html
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared: