Relawan Peace Corps Siap Mengajar

Author : Administrator | Thursday, June 21, 2012 10:21 WIB | Koran Pendidikan - Koran Pendidikan
Relawan Peace Corps Siap Mengajar
 

UMM- Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scott Marciel, kembali melepas relawan asal AS yang telah mengikuti Pre-Service Training (PST) di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Sejumlah 44 relawan yang tergabung dalam Peace Corps dilepas Dubes disaksikan Menteri PPN/ Kepala Bapenas Prof Dr Armida Alisjahbana dan Ketua PP Muhammadiyah Dr Abdul Mu’thi, di kampus III UMM, Jumat (15/6).  
Tahun ini merupakan angkatan ke-3 Peace Corps melakukan PST di UMM. Dari tahun ke tahun jumlah relawan yang dikirim ke UMM semakin meningkat. Tahun lalu, Marciel melepas 29 relawan, sedangkan tahun 2010, Dubes AS juga melepas 20 orang. “Tahun depan Insya Allah tetap kita kirim ke sini, jumlahnya bertambah jadi sekitar 60 orang,” kata Marciel.
Sebagaimana Peace Corps angkatan I dan II, para relawan selanjutnya dilepas untuk melakukan pengabdian sebagai guru di sekolah-sekolah di Jawa Timur. Selama PST, mereka telah dilatih untuk menyesuaikan dengan bahasa dan budaya Indonesia dan tinggal di rumah-rumah di pedesaan di sekitar Batu. Selama tiga bulan mereka harus terus menerus belajar budaya bahkan lagu Indonesia Raya.
Menteri PPN/ Kepala Bapenas yang bertanggung jawab dalam penempatan program ini berharap program ini memiliki manfaat besar pada masyarakat Indonesia. “Gunakan kesempatan langka ini untuk lebih mendalami, mendekati budaya, bahasa dari tamu-tamu kita ini,” kata Armida.
Hal senada diungkapkan Marciel. “Kami yakin dengan adanya kerjasama ini dapat membuat hubungan antara AS dan Indonesia dapat menjadi semakin baik, karena ikatan dari para relawan peace corps ini merupakan unsur penting dari usaha yang kami jalankan untuk dapat membangun rasa saling pengertian diantara kedua belah negara,” ungkapnya..nia-KP

Harvested from: http://www.koranpendidikan.com/view/1148/relawan-peace-corps-siap-mengajar.html
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image