Pustakawan dan Peneliti Diajak Berdiskusi di Amcor UMM

Author : Administrator | Wednesday, May 08, 2013 10:49 WIB | Koran Pendidikan - Koran Pendidikan

Pustakawan dan Peneliti Diajak Berdiskusi di Amcor UMM

UMM- Di Amerika Serikat menulis penelitian sudah dilakukan mulai dari bangku Sekolah Dasar (SD).Inilah perbedaan mendasar tentang penelitian di Amerika Serikat dan di Indonesia yang disampaikan oleh Myra Michele Brownsaat menjadi pembicara dalam diskusi yang digelar oleh American Corner Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)Rabu (1/5).

Dalam kesempatan tersebut, Information Resource Officer US Embassy Jakarta ini menjabarkan bahwa menentukan ide topik yang menarik menjadi langkah awal dalam membuat disertasi penelitian.

“Seperti J.K. Rowling yang menulis tentang buku Harry Potter dan Niel deGrasse Tyson, Ph. D. Yang terpenting membuat suatu penelitian diharapkan untuk mendapatkan hasil maksimal dan bisa menjadikan sumber penelitian bagi yang lain,” ucap Myra.

Ia juga menuturkan di Amerika Serikat menulis atau penelitian dilakukan mulai dari bangku Sekolah Dasar (SD)sehingga gereget untuk meneliti sangat tinggi. Sedangkan di Indonesia baru serius dimulai saat menginjak jenjang S1. Menulis di Indonesia juga masih terbatas dengan keinginan orang lain.

Di hari berikutnya giliran pustakawan se Malang Raya yang mendapat materi dari Myra tentang Library Trends. Banyak rahasia pengelolaan perpustakaan di Amerika Serikat yang disampaikan oleh  Myra.

Myra menyebut minat baca di Amerika Serikat sangat tinggi, bahkan buku sudah menjadi teman hidup masyarakat di sana. Hal tersebut salah satunya karena peran dari perpustakaan yang dikelola dengan optimal. Diantaranya mendesain perpustakaan senyaman dan semenyenangkan mungkin.

“Di Amerika Serikat ada Library Day untuk mengingatkan masyarakat tentang perpustakaan,” ujar Myra. Bahkan ada hari khusus yang diperuntukkan bagi anak-anak dimana pada hari tersebut anak-anak bisa menikmati game yang ada di perpustakaan. Di setiap perpustakaan di Amerika Serikat memang telah dilengkapi dengan game yang menarik bagi masyarakat.

Selain itu, ia juga mengurai tentang pentingnya membangun link ke situs internet yang saat ini banyak yang gratis. Salah satunya adalah google book atau link terbaru milik Amerika Serikat yakni E Library USA.

Sementara itu, staff Amcor UMM, Heru Wibowo mengatakan kegiatan ini digelar agar para pustakawan di Malang Raya mendapat wawasan baru. “Sehingga bisa menggerakkan perpustakaan menjadi sumber informasi yang falit bukan hanya menjadikannya loker buku,” ucap Heru..nia-KP

Harvested from: http://presensi-kota-malang.koranpendidikan.com/view/4005/pustakawan-dan-peneliti-diajak-berdiskusi-di-amcor-umm.html
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image