Pentingnya Interpretasi Al-Quran

Author : Administrator | Thursday, June 07, 2012 09:50 WIB | Koran Pendidikan - Koran Pendidikan
Pentingnya Interpretasi Al-Quran
 

UMM- Guru Besar University of Melbourne, Australia, Prof Abdullah Saeed PhD, Kamis (30/5) pekan lalu menjadi tamu kehormatan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dia menjadi narasumber pada kuliah tamu Jurusan Syariah Fakultas Agama Islam (FAI) UMM dengan topik The Quran and Interpretation. 

Saeed adalah pakar Islam yang banyak memfokuskan penelitiannya pada isu-isu penting mengenai pemikiran Islam terhadap teks, konteks, ijhtihad, serta interpretasi terhadap Al-Quran.   Bagi dia yang baru kali pertama ini ke Malang, kesempatan kuliah tamu seperti ini merupakan sesuatu yang berharga. “Ini dapat menjadi wadah membagikan pengalaman serta pengetahuan mengenai pemahaman berbagai macam hukum, serta apa saja yang terkandung dalam Al-quran,” ungkapnya di tengah-tengah ratusan mahasiswa UMM. 

Menurut Saeed, kita perlu mempelajari berbagai macam kandungan dalam Al-Quran. Diharapkan umat Islam tidak hanya mampu mengartikan ayat-ayat yang terkandung, melainkan dapat menginterpretasikan berbagai makna yang tersirat dalam kitab suci Al-Quran. Ilmu yang dimiliki setiap umat harus semakin diperluas, tidak hanya mencakup beberapa aspek saja. “Ilmu kita tentang tafsir atau interpretasi Quran dapat membantu kita menjawab tantangan baru yang bermunculan saat ini,” urainya. 

Ada beberapa macam hal yang harus diperhatikan dalam melakukan penafsiran Al-Quran. Diantaranya adalah kesinambungan tradisi antar interpretasi serta hukum Al-Quran yang dapat diterima akal sehat. Tradisi ini merupakan titik tolak dalam melakukan sebuah interpretasi. “Memahami berbagai macam situasi Arab pada abad 7 sebelum Masehi merupakan hal yang cukup rumit. Hal ini dikarenakan ada beberapa hal yang tidak terjadi di masa lalu, seperti apa yang terjadi di masa sekarang,” terangnya. 

Konteks atau situasi memainkan peranan penting ketika suatu ayat diturunkan, tambah Saeed yang juga mengajar bahasa Arab dan Studi Islam di tingkat sarjana dan pasca sarjana tersebut.  Ia menyanyangkan, hanya sedikit dari ilmuwan muslim yang mengungkap secara detail makna di balik teks, serta konteks dalam Al-Quran..nia-KP

Harvested from: http://www.koranpendidikan.com/view/1012/pentingnya-interpretasi-al-quran.html
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image