MPM PP Muhammadiyah Masifkan Gerakan

Author : Administrator | Thursday, April 26, 2012 09:44 WIB | Koran Pendidikan - Koran Pendidikan
MPM PP Muhammadiyah Masifkan Gerakan
 

UMM - Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah menggelar Up-Grading Nasional pengurus dan relawan pemberdayaan masyarakat di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Jumat-Minggu (20-22/4). Up-Grading ini diharapkan dapat menguatkan kapasitas pengurus dan fasilitator, maping persoalan dan sinergi program dan pemberdayaan.

Hadir sebagai keynote speech, Mantan Ketua MPR, Amien Rais. Dalam paparannya, Amien menilai Muhammadiyah telah berhasil melaksanakan dakwah melalui dua lini, yakni pendidikan dan kesehatan. Bahkan belum ada organisasi non negara di dunia ini yang menandingi jumlah dan kualitas dua jenis amal usaha Muhammadiyah itu. Namun, diakui Amien, gerakan dakwah Muhammadiyah masih harus dilengkapi dengan spirit yang sejak awal didengungkan oleh pendirinya, KH Ahmad Dahlan. Yakni, gerakan membantu kaum mustadhafin. 

“Dakwah kita sudah benar amar ma’ruf nahi munkar, tetapi itu saja tidak cukup. Perlu ada perjuangan akan ketidakadilan yang mengakibatkan pemiskinan struktural. Itulah kelompok masyarakat yang harus dibantu melalui MPM ini,” tutur Amien.

Ditambahkannya, selama masyarakat belum berdaya, MPM tidak boleh beristirahat bekerja. Pekerjaan memberdayakan itu harus terus dilakukan sebab lawan yang melakukan pemiskinan juga tak henti-hentinya melakukan hal yang sama. Struktur ekonomi politik global sering menjadikan posisi masyarakat kita menjadi korban. Amien mensinyalir ada kekuatan elit global yang terus menyetir negara-negara lemah. Mereka melakukan aksinya melalui kekuatan ekonomi, media massa, bahkan intervensi politik lewat pemilihan umum. “Ini yang harus kita waspadai,” kata Amien mengingatkan.

Ketua MPM, Said Tuhulele, menyatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Rakernas MPM tahun lalu yang juga diselenggarakan di UMM. Pihaknya bertekad, melalui acara ini langkah masifikasi pemberdayaan masyarakat akan terwujud. “Hari ini 150 peserta siap menjadi ujung tombak gerakan pemberdayaan masyarakat secara nasional. Melalui acara ini kami berharap gerakan kita semakin masif dan dirasakan oleh masyarakat lebih luas lagi,” ujarnya..nia-KP

Harvested from: http://www.koranpendidikan.com/view/652/mpm-pp-muhammadiyah-masifkan-gerakan.html
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image