Masa Depan Palestina Perlu Diperjuangkan

Author : Administrator | Wednesday, December 19, 2012 13:51 WIB | Koran Pendidikan - Koran Pendidikan
Masa Depan Palestina Perlu Diperjuangkan

UMM- Pekan lalu Jurusan Hubungan Internasional (HI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kedatangan tamu dari Kedutaan Besar Kanada, Jonathan Yendall dan Dubes Palestina, Faris El-Mehdawi. Kedatangan keduanya tentu sangat menarik perhatian terutama Kedubes Palestina karena negaranya baru saja mendapatkan agresi militer. Kesempatan ini pun tak disia-siakan mahasiswa untuk melontarkan pertanyaan.

“Banyak yang menganggap masalah Palestina adalah masalah perbedaan agama. Ini keliru karena yang perang yang terjadi karena masalah kemanusiaan,” ucap Mehdawi saat menjadi pembicara seminar International Concern of Palestina di hadapan tak kurang 450 mahasiswa UMM.

Ia pun mengatakan bahwa status baru Palestina merupakan kemajuan bagi Palestina karena merupakan titik awal agar dunia internasional punya kekuatan hukum yang lebih jelas dari penjajahan dan kolonial negara lain. Status ini semakin membuat Palestina lebih percaya diri.

“Kini, Palestina lebih yakin untuk bekerja sama dengan negara lain karena statusnya juga sudah diakui. Sedangkan kolonialisasi yang terjadi antara Israel dan Palestina merupakan pencaplokan wilayah negara atau bangsa untuk dimanfaatkan kepentingannya sendiri,” ucap Mehdawi.

Masa depan Palestina, imbuhnya sebenarnya masih dalam perjuangan, yaitu mengembalikan wilayah yang seharusnya menjadi hak yang saat ini masih diakui oleh Israel. Wilayah Palestina makin lama semakin menyempit sebaliknya penduduk semakin besar.

“Oleh karena itu perjuangan dari dalam negeri maupun internasional melalui bantuan PBB sangat berperan.  Namun, pembelaan dalam hal ini bukan perkara agama melainkan masalah hak asasi untuk menghapuskan penjajahan,” kata Mehdawi.

Sementara itu PD I FISIP UMM, Dr. Asep Nurjaman, M.Si mengatakan bahwa banyak penilaian yang keliru tentang pertikaian di Palestina semata-mata karena agama. Karena itu dengan adanya seminar ini ia berharap dapat menyadarkan pandangan mahasiswa tentang masalah Palestina.

“Memberikan perhatian bagi Palestina merupakan hal positif. Sebagai sebuah bangsa yang memiliki komitmen bagi perdamaian, hal tersebut merupakan konsekuensi yang harus ditanggung,” pungkas Asep..nia-KP

Harvested from: http://presensi-kota-malang.koranpendidikan.com/view/2554/masa-depan-palestina-perlu-diperjuangkan.html
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image