Jangan Tanggalkan Jas Merah

Author : Administrator | Wednesday, January 09, 2013 11:29 WIB | Koran Pendidikan - Koran Pendidikan
Jangan Tanggalkan Jas Merah

UMM- Menutup kegiatan Student Day Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia, Prof. Dr. M. Mahfud MD menyampaikan wejangan kepada seluruh mahasiswa baru Sabtu (5/1). Ia menegaskan agar mahasiswa menjadi calon pemimpin yang senantiasa mengenakan ‘jas merah’.
“Kata kunci dari pemimpin yang baik adalah yang berkualitas dan memiliki integritas. Saya menghargai slogan UMM dengan Jas Merah yang tidak hanya bermakna harfiah memakai jas almamater berwarna merah melainkan juga bermakna ‘jangan sampai melupakan sejarah’,” tegas Mahfud.
Menurutnya pemimpin harus belajar dari masa lalu untuk membangun integritasnya. Pembelajaran tersebut harus sudah ditanam sejak menjadi mahasiswa melalui organisasi. Di sini karakter kepemimpinan mahasiswa benar-benar dilatih yang akan bermanfaat kelak ketika mereka lulus.
Seperti halnya, dia tidak pernah meminta orang lain untuk menyebutnya sebagai tokoh yang berintegrasi tetapi perjalanan hidup sejak mahasiswa yang terus menanjak dan dijalani dengan sungguh-sungguh membuat orang menilainya demikian.
“Sejak mahasiswa saya memang sudah belajar berorganisasi. Organisasi mendewasakan kita, memberi tambahan ilmu yang tidak didapatkan dari tempat lain. Di sini juga kita akan belajar menghadapi risiko, karena dengan berlatih seperti itulah kita akan sukses. Tidak akan sukses orang-orang yang takut menghadapi risiko,” kata Mahfud.
Selain itu, Mahfud berpesan, mahasiswa harus rajin-rajin membangun jaringan dan menggali informasi. Dengan demikian apa yang dilakukan oleh mahasiswa tidak seharusnya perbuatan yang hanya mengandalkan untung-untungan melainkan karena perhitungan matang. Mimpi harus dibangun dengan optimisme yang besar.
“Dulu saya sering melihat-lihat peta dunia dan berfikir, kapan ya bisa mengunjungi tempat ini dan itu. Sekarang saya sudah pernah melawat ke hampir semua negara di semua benua. Itu juga karena mimpi yang saya bangun dengan kesungguh-sungguhan,” lanjut Mahfud.
Sementara itu Ketua Panitia Student Day, Warsono, SE, MM, menyatakan acara selama satu semester ini berjalan dengan lancar. Berbagai kompetisi di tingkat jurusan dan fakultas nanti akan ditindak lanjuti dengan kompetisi tingkat unversitas dalam acara Rector Cup. Pihaknya mengaku senang karena dari Student Day tahun ini banyak prestasi yang diraih mahasiswa baru, bukan hanya di tingkat fakultas tetapi juga universitas bahkan di luar kampus. “Mudah-mudahan ke depan lebih baik lagi,” harap PD III Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini..nia-KP

Harvested from: http://presensi-kota-malang.koranpendidikan.com/view/2757/jangan-tanggalkan-jas-merah.html
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image