Guru Sepopuler Facebook?

Author : Administrator | Thursday, June 21, 2012 10:26 WIB | Koran Pendidikan - Koran Pendidikan
Guru Sepopuler Facebook?
 

UMM- Facebook bukan hanya sekedar menjadi media sosial saja. Nampaknya para pengajar pun harus bisa menerapkan prinsip-prinsip facebook ke dalam pola pengajarannya. Inilah ide cemerlang yang disampaikan oleh Evi Sofia Inayati dalam tulisannya berjudul Guru Sepopuler Facebook yang baru saja meraih penghargaan di ajang Lomba Menulis Inspiratif se-Indonesia di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Dalam tulisannya ia menuliskan dengan mengalir apa yang ia pikirkan seandainya guru pun bisa menjadi facebook bagi para siswa. “Saya rasa guru pun bisa menjadi populer seperti facebook. Salah satu contohnya ketika masuk kelas mereka bisa menjadi seperti facebook yang selalu menanyakan apa yang ada di pikiran kita,” urai siswa MAN Patas Bali ini.
Kalau hal tersebut bisa dilakukan oleh seluruh guru maka setiap siswa akan bisa mengungkapkan perasaannya dan akan lega sehingga bisa dengan mudah menerima materi pelajaran. Selain itu, jika di facebook ada like dan commen, maka menurutnya guru pun harus demikian. Yakni bisa memeberikan waktu bagi siswanya untuk mengungkapkan pendapat tanpa harus menilai dan hanya memberikan pendapat like saja.
“Guru juga harus mampu memberikan komen yang tepat untuk para siswanya. Itulah yang akan saya lakukan seandainya saya menjadi guru nanti,” imbuhnya.
Sementara itu ketua pelaksana Dyah Worowirastri MPd mengatakan penganugerahan LMI ini merupakan kegiatan yang pertama kali digelar oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMM. “Mengangkat tema Jika Aku menjadi Guru Profesional kami berharap bisa mencari gambaran sosok guru yang professional menurut perpektif anak-anak Indonesia,” ucapnya..nia-KP

Harvested from: http://www.koranpendidikan.com/view/1149/guru-sepopuler-facebook.html
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image