Festival Musim Panas Jepang di UMM

Author : Administrator | Monday, February 20, 2012 14:46 WIB | Koran Pendidikan - Koran Pendidikan
Festival Musim Panas Jepang di UMMUMM- Tak perlu jauh-jauh harus ke Jepang bila ingin merasakan bagaimana Festival Musim Panas Jepang. Pekan lalu, suasana tersebut begitu terasa ketika mahasiswa jusuran hubungan internasional (HI) FISISP Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyambut enam mahasiswa Jepang yang akan belajar budaya Indonesia di Malang.

 

Seperti benar-benar menginjakkan kaki di negeri matahari terbit, pengunjung diajak menikmati berbagai atraksi, makanan hingga pernak-pernik khas Jepang. Bahkan tanpa canggung mahasiswa dari Nagoya University of Foreign Studies  tersebut mempraktikkan langsung pembuatan berbagai macam masakan Jepang seperti onigiri, sushi dan tamaseng camilan dari kerupuk udang yang diberi isian telur.

"Sebenarnya kalau musim panas di Jepang jauh menyengat daripada di sini," ungkap salah satu mahasiswa, Daisuke Kobayashi. Ia menuturkan, kedatangannya di UMM untuk lebih mengenal budaya Indonesia yang merupakan salah satu bagian dari mata kuliahnya.

Ia pun mengaku cukup senang setelah benar-benar mengenal budaya Indonesia bukan hanya di buku atau pun perkuliahan. Baginya Indonesia banyak memiliki keunikan budaya, apalagi ia juga ingin mempelajari agama Islam.

Kedatangan enam mahasiswa tersebut ditemani langsung oleh dosen mereka, Prof Eiko Ujitani. Dalam sambutannya Eiko mengaku senang bisa merasakan hangatnya udara di Malang karena di Jepang sendiri saat ini tengah berada di musim dingin.

Sementara itu, Kajur HI FISIP UMM, Tonny Dian Effendi mengatakan kunjungan tersebut merupakan salah satu kerjasama dalam hal pertukaran budaya dengan Nagoya University of Foreign Studies. "Nantinya mahasiswa UMM pun akan gantian ke Nagoya University of Foreign Studies," terangnya..nia-KP

Harvested from: http://www.koranpendidikan.com/view/87/festival-musim-panas-jepang-di-umm.html
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image