Dokter Muda UMM Siap Abdikan Diri

Author : Administrator | Wednesday, April 03, 2013 10:03 WIB | Koran Pendidikan - Koran Pendidikan
Dokter Muda UMM Siap Abdikan Diri
 

UMM- Usai menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), sejumlah 28 dokter muda diambil ikrarnya dalam pelantikan dan sumpah dokter angkatan ke 16 periode III tahun akademik 2012/2013 di Aula Kampus II UMM, Sabtu (30/03).

Dalam kesempatan tersebut para dokter muda mengucapkan sumpah yang berisi bahwa dokter akan mengabdikan diri untuk kepentingan kemanusiaan dengan cara yang terhormat dan berasusila sesuai dengan profesi kedokteran, dan akan merahasiakan segala sesuatu yang diketahui pada publik serta mengutamakan kesehatan penderita.

Hj. Irma Suswati, M.Kes, Dekan FK UMM  memberikan sambutan di depan seluruh undangan. Menurutnya lafal sumpah dokter merupakan janji pada Allah, diri sendiri dan masyarakat, oleh karena itu para dokter muda harus menepati sumpah tersebut.

“Sebanyak 330 dokter yang telah diluluskan oleh UMM, dan mereka telah mengabdikan dirinya baik di RS, Puskesmas maupun melanjutkan pendidikan dokter spesialis”, terang Irma.

Lulusan dokter UMM kali ini mengikuti program pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi sejak awal masuk tahun 2007 hingga 2013. Kurikulum berbasis kompetensi ini telah mengantarkan para dokter muda pada kesuksesan selama masa kuliah dan praktik.

Setelah dilantik sebagai dokter muda mereka akan mengabdikan dirinya di RS, klinik maupun Puskesmas selama 1 tahun untuk mengikuti program intensif dari  program pemerintah yang wajib dilaksanakan.

Menurutnya intensif berbeda dengan Koas dimana mereka akan lebih mengarah pada kemahiran, kemandirian untuk menerapkan standart kompetensi dokter. Tujuannya mampu bekerja mandiri dengan pendampingan dari dokter mentor. "Diharapkan dokter muda mampu meningkatkan kinernjanya sesuai dengan standart kompetensi kedokteran Indonesia",harap Irma. .nia-KP

Harvested from: http://presensi-kota-malang.koranpendidikan.com/view/3658/dokter-muda-umm-siap-abdikan-diri.html
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image