Demi RS Pendidikan UMM FPP Siap Pasok Bahan Pangan Organik

Author : Administrator | Thursday, March 08, 2012 15:56 WIB | Koran Pendidikan - Koran Pendidikan
Demi RS Pendidikan UMM FPP Siap Pasok Bahan Pangan Organik
 

UMM-Dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi rumah sakit pendidikan (teaching hospital) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) akan dilaunching antara Juni atau Juli 2012 mendatang. Tak hanya Fakultas Kedokteran saja yang disibukkan, namun Fakultas Pertanian-Peternakan (FPP) pun turut sibuk mempersiapkan pengadaan bahan makanan organik.

“Dalam kontek tersebut, FPP UMM akan fokus pada proses suplai bahan pangan organik,” ungkap Dr Ir Damat MP, Dekan FPP UMM. Hal tersebut menurutnya tidak terlepas dari konsep rumah sakit pendidikan yang semua unsur layanannya harus ada nilai edukasi bagi masyarakat, terutama bagi pasien dan keluarga pasien yang rawat inap di rumah sakit tersebut.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, pihak fakultas melakukan kolaborasi dengan PT Takiron, perusahaan Jepang yang banyak memproduksi peralatan untuk membangun mini green house.  Secara teknis upaya untuk memproduksi bahan pangan organik sudah dapat dilakukan, karena lahan yang akan digunakan juga sudah tersedia sekitar sembilan hektar yang tersebar di Karangploso dan di belakang kampus III.  

Disamping itu, imbuhnya, FPP UMM juga sudah memproduksi Biofarm, decomposer,  yang selama ini sudah banyak diplaikasikan untuk mengembangkan padi organik bekerja sama dengan Gapoktan se- Malang Raya.

Alasan yang cukup mendasar pun disampaikan oleh Damat. Menurutnya, sebagaimana diketahui bahwa dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat jumlah penduduk yang menderita penyakit degeratif terus meningkat yang tidak pernah terjadi di awal tahun 80-an atau sebelumnya. 

Salah satu faktor penyebabnya adalah karena konsumsi bahan pangan yang diproduksi dengan menggunakan bahan kimia, baik untuk membunuh mikroorganisme dan jasad pengganggu maupun penggunaan hormon dan zat perangsang tumbuh, serta penggunaan antibiotika secara tidak terkontrol.  

“Akibatnya banyak bahan pangan yang sesungguhnya kurang baik untuk dikonsumsi oleh manusia karena tidak bebas dari residu bahan kimia, hormon ataupun bahan-bahan aditif sintetis lainnya. Untuk mengurangi potensi bahaya tersebut. Mengonsumsi bahan makan organik adalah salah satu solusinya,” tegasnya. .nia-KP

Harvested from: http://www.koranpendidikan.com/view/202/demi-rs-pendidikan-umm-fpp-siap-pasok-bahan-pangan-organik.html
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image