Belajar Politik AS di Amcor

Author : Administrator | Wednesday, November 14, 2012 10:47 WIB | Koran Pendidikan - Koran Pendidikan
Belajar Politik AS di Amcor

UMM- Pesta demokrasi Amerika Serikat (AS) dalam pemilihan presiden yang dimenangkan oleh Barack Obama ikut dirasakan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Rabu (7/11). Kecuali melihat langsung proses pilpres melalui siaran CNN mereka pun mendiskusikan sistem pilpres di AS yang berbeda dengan di Indonesia.
Hadir dalam acara, dua wakil Kedutaan Besar AS, acara ini juga terhubung teleconference dengan sejumlah tempat mulai kedutaan besar hingga American Corner universitas lainnya. Diungkapkan oleh Vice Consul Kedutaan Amerika, Tristan J Allen, ada sistem yang berbeda dalam pelaksanaan pesta demokrasi di Indonesia dan AS.
“Yang mendasar, di AS pemilihan presiden tidak dilakukan langsung oleh rakyat melainkan ada perwakilan di tiap negara bagian. Di AS juga tidak mengenal money politic,” ucap Tristan.
Sementara itu, Direktur AMCOR UMM, Ahmad Habib mengatakan kegiatan ini untuk menambah ilmu mahasiswa tentang pendidikan politik di AS. “Demokrasi di AS benar-benar sudah berjalan berbeda dengan di Indonesia. Ini sekaligus untuk mengenalkan budaya AS sehingga bisa terbangun saling percaya,” ucapnya..nia-KP

Harvested from: http://www.koranpendidikan.com/view/2244/belajar-politik-as-di-amcor.html
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image