Asiknya Belajar Diplomasi dari Swedia

Author : Administrator | Friday, December 28, 2012 13:06 WIB | Koran Pendidikan - Koran Pendidikan
Asiknya Belajar Diplomasi dari Swedia

UMM- Negara Swedia memang tak setenar Amerika Serikat ataupun China, namun siapa sangka ternyata banyak potensi yang bisa menjadi peluang kerajasama dengan negara berjuluk Cahaya dari Utara ini. Karena itulah, mahasiswa Hubungan Internasional (HI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengundang wakil kedutaan besar Swedia Untuk Indonesia, Daniel Johanssen yang dilaksanakan di Hall Ahmad Dahlan UMM Inn, Rabu (19/12).
“Negara monarkhi selalu menarik untuk dipelajari dan Swedia merupakan salah satunya,” ungkap Helmiah Asyathri, ketua pelaksana.
Menurutnya kuliah tamu Dengan tema “From Northern Light to Equatorial Jewel:The Swedish Way In Indonesia” ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan politik, ekonomi yang terjalin antara Indonesia dengan Swedia selama 50 tahun belakangan ini.
Selama 50 tahun ini hubungan Indonesia dengan Swedia berjalan dengan normal dan harmonis. Meski diakui kedua negara ini tidak terlalu mengalami dinamika yang berarti, namun telah menjalin kerja sama dalam hal pengembangan ekonomi seperti investasi yang ditanam oleh Swedia di Indonesia.
“Mudah-mudahan kuliah tamu ini dapat memberikan perspektif yang lebih luas tentang Swedia dan mahasiswa dapat belajar, berkunjung dan mengetahui cara mendapatkan beasiswa ke Swedia”, harap Daniel yang pernah bekerja di Estonia dan Departemen Luar Negeri Swedia sambil membuka kuliah tamu.
Ada hal yang perlu ditiru oleh Indonesia pada Swedia yaitu permasalahan keamanan dan pelayanan terhadap masyarakat. Swedia merupakan negara dengan pelayanan masyarakat terbaik di dunia dalam bidang pendidikan kesehatan dan transportasi. Walaupun masyarakatnya harus membayar pajak yang tinggi namun mereka mendapat sesuatu yang kembali pada dirinya sesuai dengan apa yang telah dikeluarkan..nia-KP

Harvested from: http://presensi-kota-malang.koranpendidikan.com/view/2619/asiknya-belajar-diplomasi-dari-swedia.html
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image