Menengok Penangkaran Penyu di Pacitan

Author : Administrator | Friday, September 27, 2013 08:26 WIB | Detik News - Detik News

Pacitan - Selain cocok untuk olah raga minat khusus, Pantai Taman di Kabupaten Pacitan juga dikembangkan menjadi lokasi konservasi penyu. Di tempat lapang dengan hamparan pasir cukup luas, wisatawan dapat melihat dari dekat fasilitas penangkaran Penyu Belimbing. Salah satu spesies hewan purba yang konon tinggal tersisa di perairan Pacitan.

Konsep pengembangan wisata terpadu dinilai cocok diterapkan di pantai yang berjarak 20 kilometer arah timur Kota Pacitan ini. Sebab, kawasan tersebut merupakan tempat

pendaratan penyu.

Di sisi lalin, selama puluhan tahun binatang-binatang laut tersebut keberadaannya terancam ulah manusia. Ini karena telur yang hendak ditetaskan di pasir diambil untuk dikonsumsi. Demikian pula induk penyu disembelih untuk dimakan.

Kehadiran wahana baru di belahan timur Kabupaten Pacitan ini terbilang unik. Sebab, gagasan justru muncul dari warga setempat yang merasa khawatir atas ancaman usaknya ekosistem jika eksploitasi penyu terus berlangsung. Gayung bersambut, ide itu ditanggapi pemerintah daerah dengan menggandeng Universitas Muhammadiyah Malang.

Inisiatif warga untuk melestarikan penyu ini sangat layak kita hargai, tandas Bupati Indartato, kepada detikcom, beberapa waktu lalu.

Nantinya, lanjut bupati, selain memilik fungsi konservasi beragam fasilitas yang ada diharapkan menjadi nilai tambah bagi Pantai Taman. Sehingga akan lebih banyak lagi orang yang datang. Bukan sekedar berwisata, namun mereka sekaligus dapat berolah raga.

Dengan begitu dampak positifnya juga dirasakan warga setempat terutama dalam hal pergerakan roda perekonomian, katanya.

Upaya mengembangkan Pantai Taman yang merupakan embrio kawasan wisata terpadu memang harus mendapat dukungan sepenuhnya dari pemangku kepentingan. Terlebih secara geografis, obyek wisata bahari ini relatif mudah dijangkau karena berada pada tepi JLS.

Ini memudahkan akses bagi wisatawan yang datang. Jika selama ini pengembangan wisata lebih terfokus di Pacitan barat, kedepan pembangunan sektor wisata diharapkan lebih merata hingga menjangkau wilayah timur.

Melihat pemandangan pantai sudah biasa. Tapi di Pantai Taman pasti terasa luar biasa. Makanya jangan sampai upaya ini terhenti di tengah jalan, tegas Gagarin, anggota DPRD dari Dapil Ngadirojo-Sudimoro.

Tentu saja, tidak ada kata instan untuk menciptakan wahana berkelas nasional seperti yang sedang dilakukan di Pantai Taman, Ngadirojo, Pacitan. Panitia pun membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mendukung pendanaan

Harvested from: http://news.detik.com/read/2013/09/27/082642/2370900/475/2/menengok-penangkaran-penyu-di-pacitan
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared: