Kaltara Miliki Potensi Seni Rupa yang Khas

Author : Administrator | Friday, March 17, 2017 | -
SOSIALISASI: Kepala Galeri Nasional Indonesia (GNI) Tubagus Andre Sukmana saat menyampaikan sosialisasi seni rupa, di Gedung Diklat Tanjung Selor. RACHMAD RHOMADHANI/RADAR KALTARA

PROKAL.CO, TANJUNG SELOR – Sebagai provinsi termuda di Indonesia, Kalimantan Utara (Kaltara) sejatinya memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan. Salah satunya potensi di bidang karya seni rupa.

Kepada Radar Kaltara (Radar Tarakan Group) Kepala Galeri Nasional Indonesia (GNI) Tubagus  Andre Sukmana mengatakan, karya seni rupa yang ada di Kaltara ini sebaiknya memang perlu dikembangkan.  Pihaknya berharap ada pihak yang peduli dalam upaya pengembangan seni rupa di Kaltara. Sehingga kedepan Kaltara memiliki sebuah ciri khas seni rupa tersendiri, seperti daerah lain di Indonesia.

“Ya, Kaltara ini memiliki potensi itu (seni rupa, Red. ). Itulah mengapa kedatangan kami (GNI) ke sini tak lain ingin mendorong karya seni  itu dapat ditumbuh dan dikembangkan,’’ ungkapnya kala ditemui dalam sosialisasi, bertemakan GNI “Menumbuhkan Kreativitas dan Apresiasi Seni Rupa’’ di Gedung Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Tanjung Selor, Kamis (16/3).

Adapun, lanjutnya, dalam mendorong karya seni rupa di Kaltara, pertama melalui sosialisasi. Kemudian, memberikan gambaran tentang daerah-daerah lain yang sebelumnya telah berhasil dibina.

“Untuk diketahui keberhasilan kami di sini tak lepas dari kerjasama yang terjalin. Baik dari peserta sosialisasi ataupun pemerintah daerah (Pemda) selaku penyelenggaranya,’’ ujarnya sembari menyebutkan bahwa posisi GNI di acara tersebut yakni sebagai motivator.

Sementara, ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara, Sigit Muryono mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung akan keinginan GNI. Menurutnya, bila kesenian di Kaltara ini dapat dikembangkan, tentu hal itu bisa memberikan efek yang baik bagi Kaltara.

“Kami sangat mendukung. Mudahan melalui sosialisasi tersebut kesenian di Kaltara dapat menjadi lebih baik dan dikenal,’’ harapnya mengakhiri.(don/dsh)

من المقطوع: http://kaltara.prokal.co/read/news/10146-kaltara-miliki-potensi-seni-rupa-yang-khas.html
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1