Laboratorium Ilmu Komunikasi

 

 

Tujuan dan Fungsi 

 

Fungsi Laboratorium Komunikasi adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai unit pendukung bagi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang di selenggarakan oleh civitas akademik, khususnya Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UMM.
  2. Sebagai sarana pelatihan atau praktikum mahasiswa untuk memperoleh ketrampilan  (skill) sesuai bidang atau program studi Jurusan Ilmu Komunikasi.
  3. Sebagai sarana apresiasi terhadap perkembangan teknologi dan seni sebagai  media komunikasi.

Tujuan Laboratorium komunikasi adalah sebagai berikut :

  1. Mengembangkan kreatifitas dan aktivitas mahasiswa dalam mangapresiasi dan mengaplikasi kemajuan teknologi komunikasi dalam sebuah wadah learning shops.
  2. Memberikan bekal keterampilan kepada mahasiswa dibidang komunikasi dalam penguasaan Software dan hardware, dari perancangan sampai pasca produksi.
  3. Menciptakan suatu iklim belajar mengajar yang dapat melahirkan nuansa link and match antara dunia akademik dan kebutuhan masyarakat akan tenaga kerja serta perkembangan sains dan teknologi yang terjadi.
  4. Membentuk sikap mental profesionalisme di bidang Ilmu Komunikasi umumnya.
 

Materi Praktikum 

 

Praktikum adalah salah satu bentuk atau bagian kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan dengan menggunakan fasilitas laboratorium. Pelaksanaannya bisa diluar maupun didalam ruang laboratorium. Dengan demikian praktikum melekat pada mata kuliah-mata kuliah tertentu.

Di Jurusan Ilmu Komunikasi, mata kuliah yang sekaligus bisa menggunakan laboratorium komunikasi  antara lain:

  1. Dasar-dasar Fotografi (semua konsentrasi)
  2. Komputer Grafis (semua konsentrasi)
  3. Kepribadian PR (konsentrasi PR)
  4. Event Management (konsentrasi PR)
  5. Internal & External PR (konsentrasi PR)
  6. Penulisan & Media PR (konsentrasi PR)
  7. Praktik PR Creative (konsentrasi PR)
  8. Print Journalism (konsentrasi Jurnalistik & Studi Media)
  9. On Air Journalism (konsentrasi Jurnalistik & Studi Media)
  10. Online Journalism (konsentrasi Jurnalistik & Studi Media)
  11. News Production (konsentrasi Jurnalistik & Studi Media)
  12. Praktek Produksi Karya Jurnalistik (konsentrasi Jurnalistik & Studi Media)
  13. Teknik Shoting & Analog Editing (konsentrasi AV)
  14. Digital Editing (konsentrasi AV)
  15. Seni Tata Suara (konsentrasi AV)
  16. Manajemen Siaran (konsentrasi AV)
  17. Praktek Produksi Komunikasi AV (konsentrasi AV)

 

Pemanfaatan Jasa Laboratorium 

 
  1. Peminjaman Alat : Selain melayani praktikum, laboratorium melayani peminjaman alat-alat dan ruang laboratorium. Biaya dan prosedur peminjaman diatur tersendiri.
  2. Layanan Dokumentasi : Layanan Dokumentasi diberikan kepada siapapun ytang menghendaki laboratorium komunikasi mendokumentasikan peristiwa atau kegiatan meliputi : dokumen foto, dokumentasi visual, dokumentasi audio visual (shooting atau editing dan  atau dubbing).
  3. Diklat/ Work Shop : Diklat/work shop akan terselenggarakan secara reguler maupun insedentil dengan terlebih dahulu diumumkan melalui publikasi tersendiri. Work shop diselenggarakan bagi umum, baik mahasiswa, pelajar maupun peminat dari dalam dan luar kampus UMM. Diklat/work Shop yang ditawarkan meliputi : Orientasi Alat, Produksi Audio Visual, Produksi Iklan Televisi, Produksi Program Musik, Produksi Program Berita.
  4. Program Pengembangan : Berlandaskan pada tujuan-tujuan diatas, maka kompetensi yang dikembangkan dalam laboratorium Komunikasi, antara lain:
  • Bidang Audio Broadcasting mencakup pengembangan kemampuan : Menset up sebuah radio siaran , mengelola radio siaran , programer , annoncer, produser siaran/program, arti director (audio mixing), pengarah acara, script water, broadcasting operator.
  • Bidang Television Broadcasting mencakup pengembangan kemampuan: menset-up Sebuah televesion broadcasting, management, television broadcasting, programer, Anouncer, produser siaran/programer, pengarah acara, script writter, television broadcasting operator, animator grafis dan gambar, technical shooting dan editing.
  • Bidang Advertising meliputi kemampuan: set up sebuah produksi iklan, manajemen (perusahaan periklanan, jenglemen, creative copywritting, creative art direction (art director, illustrator, graphic designer, production artist) baik untuk media masa, nir-massa, maupun bentuk publikasi outdoors. Hal ini akan lebih memadai bila didukung dengan penguasaan kemampuan pada point (a) dan (b).
  • Bidang jurnalistik.Kemampuan yang dikembangkan antara lain: lay out man, jurnalistik radio dan televisi. Untuk jurnalistik  cetak bergabung dengan tabloid BESTARI
  • Bidang Publik Relation Kemampuan yang dikembangkan antara lain : Set-up sebuah perusahaan public relation beserta menejemen, publik relation consultan, konferensi Pers.
Shared: