Tentang

 

Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer Fakultas Ekonomi UMM bertujuan untuk:

  1. Menyiapkan lulusan yang mempunyai keunggulan kompetitif di bidang aplikasi komputer, terutama pada bidang ekonomi dan bisnis.
  2. Menjadikan praktikan lulus dengan ketrampilan mengaplikasikan program komputer sesuai dengan kebutuhannya.
  3. Menyiapkan alumni Fakultas Ekonomi UMM yang trampil dalam memanfaatkan program komputer yang dapat digunakan dalam memecahkan persoalan-persoalan manajerial dalam organisasi.
  4. Menyiapkan fasilitas komputer secara handal pada saat akan digunakan oleh unit lain.

Dalam rangka mencapai tujuan, Laboratorium Komputer Fakultas Ekonomi menjalankan tiga macam fungsi utama, yaitu: unit penyelenggara praktikum komputer reguler, unit penunjang praktikum komputer bagi unit lain, dan unit penyelenggara pelatihan komputer opsional. Sebagai unit penyelenggara praktikum komputer reguler, Laboratorium Komputer Fakultas Ekonomi menawarkan Program MS Office bagi seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi UMM yang memprogram mata kuliah Aplikasi Komputer.

Program MS Office dipilih sebagai program praktikum karena program inilah yang secara umum dibutuhkan oleh semua mahasiswa, baik untuk mendukung proses pembelajaran di bangku kuliah maupun nanti setelah lulus dari Fakultas Ekonomi UMM dan bekerja, tanpa memandang program studinya. Bagian dari program MS Office yang dipraktikumkan meliputi: MS Excel, MS Word, MS Power Point, dan MS Acces.

Unit penunjang praktikum komputer bagi unit lain dijalankan oleh Laboratorium Komputer dengan menyediakan fasilitas komputer yang dibutuhkan oleh Laboratorium-Laboratorium Program Studi di lingkungan Fakultas Ekonomi. Laboratorium Akuntansi menggunakan Laboratorium Komputer untuk praktikum MYOP dan Perpajakan, sedangkan untuk Laboratorium Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan melakukan praktikum ESDM, Teori Ekonomi, Ekonomi Regional, Statistik II, Manajemen Investasi, Ekonometrika, dan Operasional Bank.

Fasilitas-fasilitas yang tersedia di Laboratorium Komputer Fakultas Ekonomi UMM dikelompokkan menurut fungsinya, yaitu fasilitas praktikum, administrasi, dan perawatan. Fasilitas utama praktikum berupa perangkat komputer dan menempati 3 ruang praktikum ber-AC, yaitu Ruang Praktikum A, B, dan C. Ruang-ruang praktikum berlokasi di Lantai 1 Gedung Kuliah Bersama (GKB) II Kampus III UMM. Kapasitas maksimum masing-masing ruang adalah 25 praktikan, dengan setiap ruang tersedia 29 perangkat komputer. Di Ruang Praktikum A dan B dilengkapi dengan fasilitas LCD, sedangkan untuk Ruang Praktikum C hingga saat ini belum ada LCD-nya. Untuk memantau proses praktikum dan sekaligus untuk pengendalian aset-aset yang ada di ruang praktikum, direncanakan akan segera dipasang CCTV.

Fasilitas administrasi menempati Ruang Kantor Laboratorium Komputer di Lantai 5 GKB II Kampus III UMM. Untuk mendukung kegiatan operasional, di kantor Laboratorium Komputer tersedia dua perangkat komputer sebagai alat penunjang utama. Di samping itu untuk menunjang kenyamanan kerja dan kualitas pelayanan, di kantor ini juga tersedia fasilitas perabot mebel. Fasilitas perawatan menempati 1 ruang dekat Ruang Praktikum di Lantai 1 GKB II Kampus III UMM. Untuk mendukung kegiatan perawatan, terdapat dua perangkat komputer sebagai penunjang utama dan berbagai macam fasilitas lain yang digunakan untuk perawatan fasilitas praktikum.

 

Pojok Bursa Efek Indonesia

Tujuan Pojok Bursa Efek Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang adalah: “Mempermudah mahasiswa dan dosen dalam memperoleh data penelitian dengan cepat, murah dan efisien.” Untuk mencapai tujuan ini, Pojok Bursa Efek Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan pelatihan (Ekonometrika dan Manual Book dari Software), penyediaan data keuangan, peminjaman buku dan referensi tentang pasar modal, dan transaksi saham dan surat berharga lainnya.

Data yang tersedia di Pojok Bursa Efek Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang meliputi:

  • PDRB Nasional (Sotf Copy and Hard Copy):
  1. 27 Propinsi periode 1993-2004
  2. Kabupaten dan kota seluruh Indonesia periode 1993-2004
  3. Harga konstan dan berlaku 27 Propinsi Periode 1993-2004
  • Directory Perbankan Nasional (Soft Copy and Hard Copy):
  1. Seluruh bank (swasta, asing, campuran, BUMN) di Indonesia Periode 1999-2004
  2. Seluruh BPR di Indonesia Periode 1999-2004
  3. Seluruh BPD di Indonesia Periode 1999-2004
  • International Financial Statistic (Soft Copy Terbitan IMF): Data Makro Ekonomi seluruh negara anggota IMF (120 negara) tahun 1948-2005
  • Laporan Keuangan ( ringkas / lengkap) seluruh emiten Bursa Efek Indonesia.
  1. 330 Perusahaan (soft copy)
  2. Harga saham, dividen, tanggal listing, LQ 45, JII, komentar audit, dll.
  3. Prospektus emiten, prospektus reksadana
  4. Corporate action, issue terbaru dari emiten, dan sebagainya.

Mahasiswa yang membutuhkan data harus memenuhi ketentuan umum sebagai berikut:

  1. Seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia dengan menunjukkan KTM yang masih berlaku.
  2. Menyepakati dan menyetujui biaya pemesanan dan discount data yang dihitungkan terlebih dahulu.
  3. Mengisi dan menandatangani form pemesanan data.
  4. Membayar uang muka sebesar 50% dari total biaya.
  5. Pojok BEI tidak melayani soft copy data untuk menghindari pemalsuan data, kecuali laporan keuangan lengkap dan pertimbangan khusus Kepala Pojok BEI-UMM.
  6. Pemesanan dapat dilakukan dengan via faximile atau e_mail dengan alamat jsxc.umm@yahoo.com

Bagi mahasiswa yang ingin meminjam buku dan referensi lainnya di Pojok BEI harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  1. Tercatat sebagai mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang seluruh Fakultas dengan menunjukkan KTM yang masih berlaku.
  2. Memiliki kartu Capital Market Club (CMC).
  3. Mengisi Buku Peminjaman dan menandatanganinya.
  4. Batas waktu peminjaman maksimum 2 hari, bila melebihi akan dikenakan denda Rp1.500,00 perhari.
  5. Menjaga dan merawat buku dan bila terjadi kerusakan atau kehilangan maka mengganti biaya perbaikan atau mengganti buku.
  6. Buku yang dipinjamkan adalah buku literatur, jurnal, buletin dan buku yang tidak dipinjamkan buku laporan keuangan, prospektus, ICMD dan buku-buku yang memuat data lainnya.

Bagi mahasiswa yang ingin menjadi peserta Pelatihan Pasar Modal (PPM) dan Pelatihan lainnya yang diselenggarakan oleh Pojok BEI harus memenuhi ketentuan:

  1. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dan Perguruan Tinggi di Malang seluruh Fakultas tanpa batasan semester.
  2. Mengisi lembar isian pendaftaran dengan pilihan Pelatihan Pasar Modal Paket A, Paket B, Paket C (spesifikasi Paket dapat ditanyakan ke Pojok BEI-UMM)
  3. Pojok BEI-UMM menyelenggarakan pelatihan software ekonometrika, pelatihan teknikal analisis dan forum diskusi ekonomi.

Bagi mahasiswa yang tertarik menjadi investor di pasar modal dapat melakukan transaksi (jual-beli) saham dan surat berharga lainnya, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia dengan menunjukkan KTM yang masih berlaku;
  2. Mengisi, menyepakati dan menandatangani ketentuan jual-beli saham;
  3. Investasi awal minimal Rp1.500.000,00 (satu juta lima ratus ribu rupiah);
  4. Pojok BEI bertindak sebagai perantara murni (broker), sehingga tidak menerima pengelolaan dana pihak lain (bukan sebagai manajer investasi);
  5. Pembelian dan penjualan saham atau meminta informasi perkembangan harga saham dan isu ekonomi terkini dapat dilakukan via sms ke 08885156969; dan
  6. Prosedur pelayanan Jual beli saham didasarkan pada sistem yang sederhana, cepat, satu meja dan dalam kendali langsung Kepala Pojok BEI-UMM.

 

Pusat Pengembangan Manajemen

Pusat Pengembangan Manajemen (PPM) bergerak dalam pengembangan keilmuan di bidang ekonomi dan bisnis dan pengabdian masyarakat. Lembaga ini menyelenggarakan berbagai program-program pelatihan dan pengembangan, dan konsultansi di bidang ekonomi dan bisnis, baik bagi kalangan internal (para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang) maupun eksternal (kalangan bisnis). Dalam menjalankan aktivitasnya, PPM menjalin bekerja sama dengan Departemen Industri & Perdagangan, Pemerintah Kota dan Kabupaten Malang, serta Kamar Dagang dan Industri Daerah Jawa Timur.

Dalam rangka mendukung tujuan PPM, ada berbagai macam fasilitas pendukung yang tersedia, yaitu:

  1. Data Base Alumni CBK
  2. Data Base e- Club                                             :  PPM
  3. Data Base UKM Binaan                                    :  kerjasama dengan Pemda
  4. Data Base Pengusaha Pedagang Besar     :  kerjasama dengan Kadinda
  5. Karya modul kewirausahaan                           :  berkolaborasi LPM
  6. Karya Modul Sukses Mencari Kerja               :  berkolaborasi Excel
  7. Karya CD pelatihan kewirausahaan              :  berkolaborasi  Haki

Para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dapat bergabung untuk mengikuti berbagai macam program yang ditawarkan oleh PPM, baik yang bersifat rutin maupun insidental, dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan. Program kerja rutin yang diselenggarakan oleh PPM meliputi:

  1. Temu Bisnis                            :  bekerjasama dengan praktisi bisnis
  2. Perencanaan Bisnis                :  bekerjasama e-club
  3. Out Bond training                    :  bekerjasama dengan Pesona Sanubari
  4. Pelatihan Kewirausahaan       : bekerjasama dengan LPM & Kemahasiswaan
  5. Work Shop sukses karir         :  bekerjasama dengan Excel training Development
  6. Job Fair                                   :  bekerjasama dengan Mahanaya EO
  7. Praktik Bisnis                          :  bekerjasama dengan UMM            
  8. Pelatihan  Produk                   :  bekerjasama berbagai lembaga kursus
  9. Program Percepatan Kemandirian dan Pengembangan Karir.

Program kegiatan insidental yang ditawarkan oleh PPM meliputi:

  1. Event  Entrepreneur Fair        : dengan peserta UKM
  2. Entrepreneur exhibition           : dengan peserta mahasiswa            
  3. Seminar Motivasi Bisnis         : dengan peserta Umum
  4. Simulasi bisnis                        : dengan AriwigunaTeam.

 

Shared: