Kontestan Babak 16 Besar Piala Dunia 2014

Author : Administrator | Friday, June 27, 2014 10:04 WIB | Detik News -
thumbnail
Ian Walton/Getty Images
 
Jakarta - Fase grup Piala Dunia 2014 akhirnya tuntas digelar. Setelah menuntaskan 48 pertandingan, sebanyak 16 negara memastikan langkahnya melaju ke fase knokcout pertama.

Negara terakhir yang memastikan mendapat tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2014 ini adalah Aljazair. Mereka berhasil lolos setelah mengimbangi Rusia dengan skor 1-1 di pertandingan terakhir Grup H. Aljazair jadi runner up dengan poin empat, sementara Belgia yang dapat nilai sempurna sembilan berhak atas posisi puncak klasemen.

Dari Grup A Brasil (7 poin) melangkah mulus ke fase knockout setelah mengantongi dua kemenangan dan sekali imbang. Tuan rumah ditemani Meksiko (7) yang tampil impresif setelah juga meraih dua kemenangan dan sekali imbang.

Fase Grup Piala Dunia 2014 menjadi salah satu yang paling banyak menghadirkan kejutan. Terdepaknya juara bertahan Spanyol di babak ini menjadi salah satu berita terbesar. Tergabung di Grup B, La Furia Roja kalah bersaing dengan Belanda (9) dan Chile (6).

Di Grup C, Kolombia menjadi juara grup dengan catatan tiga kemenangan. Menjadi runner up adalah Yunani yang meraih satu kemenangan, sekali imbang dan sekali kalah.

Sementara pada grup yang disebut-sebut sebagai nerakan ternyata justru menghadirkan mimpi buruk bagi para unggulan. Kosta Rika (7) yang diprediksi bakal jadi bulan-bulanan dan lumbung gol ternyata justru jadi pemuncak Grup D, Uruguay (6) menemani lolos di posisi kedua. Dua mantan juara dunia: Inggris (1) dan Italia (3) langsung out.

Prancis (7) menjadi penguasa Grup E setelah meraih dua kemenangan dan sekali imbang. Les Bleus lolos ditemani Swiss (6).

Dibantu oleh gol-gol Lionel Messi, Argentina (9) tampil sempurna di fase grup dengan catatan tiga kemenangan. Nigeria (4) menjadi salah satu wakil Afrika yang lolos setelah memenangi persaingan dengan Bosnia dan Herzegovina di grup ini.

Dari Grup G, Jerman (7) berhak atas posisi teratas. Portugal (4) yang diprediksi akan lolos dari grup ini ternyata cuma bisa duduk di posisi tiga, yang membuat Amerika Serikat (4) berhak atas status runner up grup dengan keunggulan selisih gol (0:-3).

Jika dilihat dari wilayah konfederasi, CONMEBOL jadi yang paling sukses karena dari enam negara cuma Ekuador yang langkahnya terhenti. Sementara UEFA harus menelan kekecewaan besar karena tujuh wakilnya terdepak, yang membuat mereka kini cuma diwakili enam negara.

Sama seperti CONMEBOL, CONCACAF juga cuma kehilangan satu wakilnya dari fase grup yakni Honduras. Kalau CAF (Afrika) meloloskan dua negara, maka AFC (Asia) sama sekali tak bersisa.

Kontestan Babak 16 Besar Piala Dunia
Grup A: Brasil, Meksiko
Grup B: Belanda, Chile
Grup C: Kolombia, Yunani
Grup D: Kosta Rika, Uruguay
Grup E: Prancis, Swiss
Grup F: Argentina vs Nigeria
Grup G: Jerman, Amerika Serikat
Grup H: Belgia, Aljazair

Duel Babak 16 Besar*
Brasil vs Chile
Belanda vs Meksiko
Kolombia vs Uruguay
Kosta Rika vs Yunani
Prancis vs Nigeria
Argentina vs Swiss
Jerman vs Aljazair
Belgia vs Amerika Serikat


*Babak 16 besar akan dimulai Sabtu (28/6/2014) malam WIB (mfi/din)
من المقطوع: http://sport.detik.com/pialadunia2014/read/2014/06/27/053650/2620783/439/kontestan-babak-16-besar-piala-dunia-2014
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1