Tim Verifikasi KONI Pusat Tinjau Kesiapan Papua Gelar PON XX

Author : Administrator | Tuesday, February 11, 2014 09:05 WIB | Detik News -
 

Jayapura - Papua menjadi salah satu kandidat tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020. Tim verifikasi dari KONI Pusat datang ke Papua untuk meninjau kesiapan mereka menjadi tuan rumah.

Selain Papua, kandidat tuan rumah PON XX lainnya adalah Aceh, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Bali, dan Sulawesi Selatan. Tim verifikasi dari KONI dibagi menjadi tiga kelompok dan masing-masing kelompok bertugas melakukan verifikasi terhadap dua provinsi.

Tim yang dipimpin oleh Ketua Tim Verifikasi KONI Pusat yang juga Wakil Ketua I KONI Pusat, Suwarno, datang ke Jayapura pada Senin (10/2/2014). Mereka melakukan pertemuan dengan pengurus KONI Papua dan Panitia Persiapan PON XX.

"Kami di sini dua minggu untuk melihat kesiapan Provinsi Papua yang mengajukan diri sebagai tuan rumah PON XX," ujar Suwarno.

Dikatakan Suwarno, KONI Pusat memberikan 16 syarat yang harus dipenuhi pada tahap awal sebagaimana tercantum dalam proposal provinsi calon tuan rumah PON XX. 

"Papua sudah memenuhi itu. Untuk itulah kami datang ke Papua untuk melihat apakah itu benar sesuai dengan kondisi di lapangan karena disyaratkan harus sudah ada tahap awal 50 persen persiapan dan berikutnya 50 persen hingga pelaksanaan PON," bebernya.

Hal tersebut, lanjut Suwarno, menyangkut venue-venue, akomodasi, kemampuan pelayanan kesehatan, fasilitas komunikasi, telepon, internet terkait pemberitaan, sarana transportasi, keamanan, akses dari satu kota ke kota lain di mana pertandingan digelar. Papua sendiri berencana menggelar PON XX di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Biak, Wamena, Mimika, dan Merauke.

"Kami berharap bisa melihat semua itu dan kembali ke Jakarta untuk melaporkan hal ini ke Menpora. Kita berharap Papua ini akan menjadi yang terbaik sehingga dapat ditetapkan menjadi salah satu kandidat dari 3 calon tuan rumah PON XX," kata Suwarno.

Sementara itu, Ketua Panitia Persiapan PON XX, Yunus Wonda, menyambut baik kedatangan tim verifikasi dari KONI Pusat. Dia mengatakan, Papua siap menjadi tuan rumah PON XX.

"Sejak gubernur Papua Lukas Enembe menyatakan kita akan menjadi tuan rumah PON XX, semua persiapan untuk mencapai hal itu telah dilakukan, bahkan semua bupati/walikota sudah menyatakan siap mendukung hal itu," kata Yunus.

"Bukan karena kedatangan tim verifikasi KONI Pusat baru kita melakukan persiapan. Tetapi, begitu dikumandangkan Papua siap menjadi tuan rumah PON XX, semua persiapan untuk itu telah dilakukan," sambungnya.

"Kita berharap setelah tim mengunjungi semua tempat pertandingan, baik di Jayapura dan Kabupaten Mimika, Biak, Merauke dan Kabupaten Jayapura, Papua bisa masuk ke tiga besar," ujar Yunus.

Hal yang sama dikemukakan oleh Ketua Asosiasi Bupati/Walikota se-Papua yang juga Bupati Lanny Jaya, Befa Jigibalom. Dia mengatakan bahwa semua bupati/walikota se-Papua telah berkomitmen untuk mendukung Pemerintah Provinsi Papua dalam mempersiapkan diri menjadi tuan rumah PON XX. 

"Semua pemerintah kabupaten/kota mulai tahun anggaran 2014 telah mengalokasikan dana untuk menuju PON XX. Lima kabupaten di luar kota Jayapura akan didukung oleh kabupaten-kabupaten yang ada di sekitarnya. Jadi tidak ada masalah lagi," ujar Befa.

"Sebenarnya kalau kami dari kabupaten/kota untuk menjadi tuan rumah tahun 2020 terlalu lama, untuk tuan rumah PON tahun 2016 kita sudah siap," katanya.

من المقطوع: http://sport.detik.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1