Seorang Polwan Ditahan Terkait Serangan Teror di Paris

Author : Administrator | Tuesday, March 10, 2015 09:40 WIB
Hayat Boumeddiene disebutkan sebagai pasangan pria bersenjata Amedy Coulibaly

PARIS, KOMPAS.com - Empat orang ditahan terkait keterlibatan mereka dengan salah satu pelaku serangan di Paris pada Januari lalu. Demikian sumber-sumber keamanan Perancis menjelaskan, Senin (9/3/2015).

Keempat orang itu diyakini adalah teman Amedy Coulibaly, pria yang membunuh empat orang di sebuah toko Yahudi dan seorang polisi perempuan dalam rangkaian serangan di Paris itu.

Radio Europe 1 melaporkan, salah seorang yang ditahan itu adalah seorang polisi wanita yang bertugas di kawasan Rosny-sous-Bois di luar kota Paris. Polisi wanita ini dinonaktifkan dari tugasnya pada awal Februari.

Polisi wanita itu ditahan bersama kekasihnya, seorang pria yang disebut dekat dengan Coulibaly dan juga menjadi buronan polisi untuk kasus narkotika.

Berdasarkan catatan pembicaraan telepon menunjukkan kekasih sang polwan ini sudah menjadi kawan dekat Coulibaly tak lama sebelum pria tersebut melakukan aksinya.

Mingguan Le Canard Enchaine mengabarkan sang kekasih polwan itu kemungkinan memiliki akses untuk masuk ke dalam barak polisi di Rosny. Sejauh ini belum diperoleh rincian soal dua orang lain yang juga saat ini ditahan.

Pada akhir Januari, empat orang ditahan karena diduga menyediakan senjata dan kendaraan untuk Amedy Coulibaly. Sementara tersangka lain termasuk kekasih Coulibaly, Hayat Boumeddoien diduga kuat kabur ke Suriah.

Dua orang juga sudah ditahan karena diduga memiliki kaitan dengan Kouachi bersaudara pelaku penyerangan kantor redaksi majalah Charlie Hebdo yang mengakibatkan 12 orang tewas.

Fritz-Joly Joachim ditahan di Bulgaria dan Cheikou Diakhaby ditahan di Turki. Keduanya diduga sedang dalam perjalanan menuju ke Suriah dan kini sudah diekstradisi ke Perancis.

من المقطوع: http://internasional.kompas.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1