Santos Kembali Menangkan Pilpres Kolombia

Author : Administrator | Monday, June 16, 2014 14:12 WIB
Juan Manuel Santos
Juan Manuel Santos

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOTA -- Presiden incumbent Kolombia, Juan Manuel Santos terpilih kembali menjadi presiden setelah menang dalam pemilihan presiden putaran dua, Ahad (15/6).

Santos memperoleh 50,80 persen suara mengalahkan lawan tunggalnya, gerilyawan Marxis sayap kanan Oscar Ivan Zuluaga yang mendapat 45,13 persen suara.

Dikutip dari AFP, jumlah suara yang masuk yaitu sekitar 97,32 persen dari 99 persen tempat pemungutan suara di seluruh Kolombia.

Di kantor pusat kampanyenya di Bogota, pendukung Santos merayakan kemenangan. Mereka menari-nari dan mengibarkan bendera diiringi musik.

Santos tampak gembira dan terharu dengan kemenangannya. Ia mengatakan ketakutan telah berubah menjadi harapan. ‘’Ini adalah akhir. Kita harus menyelesaikan ini dengan tegas dan serius. Ini adalah akhir dari 50 tahun kekerasan,’’ kata Santos merujuk pada krisis perselisihan dengan pemberontak.

Pilpres putaran pertama sebenarnya dimenangkan oleh Zuluaga dengan keunggulan tipis. Di kantor pusat kampanyenya di kota tua bagian industri, Zuluaga mengakui kekalahannya. Para pendukung aktivis 55 tahun ini terlihat kecewa dan menangis ketika menyaksikan hasil akhir perolehan suara yang masuk.

من المقطوع: http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/14/06/16/n78vr7-santos-kembali-menangkan-pilpres-kolombia
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1