Partai Kurdi Raih Hasil Mengejutkan pada Pemilu Turki

Author : Administrator | Monday, June 08, 2015 09:43 WIB
Pendukung partai sayap kiri Kurdi, HDP mengibarkan bendera Kurdi di markas partai tersebut. HDP mencatat hasil mengejutkan dalam pemilu Turki kali ini. (Foto : Reuters)
Pendukung partai sayap kiri Kurdi, HDP mengibarkan bendera Kurdi di markas partai tersebut. HDP mencatat hasil mengejutkan dalam pemilu Turki kali ini. (Foto : Reuters)

ANKARA - Partai berkuasa di Turki, Justice and Development Party (Partai Keadilan dan Pembangunan/Partai AK) kembali memenangkan pemilihan umum (pemilu) Turki yang berlangsung Minggu, 7 Juni 2015, demikian menurut hasil sementara penghitungan suara. Namun, meski memenangkan pemilu kali ini, Partai AK tidak mampu mencapai target mereka untuk menguasai pemerintahan.

Kejutan terjadi di pemilu Turki saat partai beraliran kiri Kurdi, People Democratic Party (Partai Demokrasi Rakyat/HDP) memperoleh suara yang jumlahnya cukup untuk melampaui electoral threshold sebesar 10 persen. Hasil ini membuat mereka kekuatan untuk memengaruhi pemerintahan, sekaligus bagian kursi dalam parlemen.

Suara terbesar masih dimiliki oleh partai Partai AK dengan 40,8 persen suara diikuti oleh oposisi utama mereka Republican People Party (Partai Rakyat Republikan/CHP) dengan 25 persen suara.

Partai oposisi lainnya, Nationalist Movement Party (Partai Gerakan Nasional/MHP), memeroleh 16,3 persen suara sedangkan HDP secara mengejutkan mendapat 13,1 persen suara. Suara yang telah dihitung sampai saat ini telah mencapai 99,4 persen pemilih, dengan partisipasi pemilih sebanyak 86 persen dari 54 juta warga Turki yang telah bisa memberikan suaranya.

“Keputusan negara ini sudah final. Menghormatinya adalah tanggung jawab bagi semua partai politik,” kata Perdana Menteri Ahmet Davutoglu dalam pidatonya, sebagaimana dikutip Al Jazeera, Senin (8/6/2015).

Dengan hasil pemilu Turki ini keinginan Partai AK yang dahulu dipimpin Presiden Recep tayyip Erdogan untuk mengenyahkan sistem parlementer di Turki tidak dapat terwujud. Partai AK membutuhkan sedikitnya 330 kursi di parlemen untuk mengajukan referendum yang mengubah sistem pemerintahan.

Perkiraan sementara, Partai AK akan memperoleh sekira 258 kursi di parlemen. Jumlah ini di bawah batas minimal 276 kuri yang dibutuhkan untuk membentuk sebuah pemerintahan satu partai. Sedangkan CHP, MHP, dan HDP akan mendapatkan masing-masing 132, 81, dan 79 kursi.

من المقطوع: http://news.okezone.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1