Indonesia Jadi Jembatan Penghubung Brasil dan ASEAN

Author : Administrator | Tuesday, December 01, 2015 14:08 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

 

PARIS – Hubungan Indonesia dan Brasil yang sempat memburuk pasca-hukuman mati salah satu warga negaranya pada April lalu kini mulai membaik. Hal itu tampak dari pertemuan bilateral Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dengan Menlu Brasil Mauro Luiz Vieira di Paris pada 29 November 2015.

Dalam pertemuan tersebut kedua menlu menyambut baik penyerahan surat kepercayaan Duta Besar RI untuk Brasilia yang dilakukan pada 4 November 2015. Menlu Brasil menyampaikan bahwa proses pengiriman Dubes Brasil untuk Indonesia saat ini sedang berjalan. Demikian dilaporkan siaran pers Kementerian Luar Negeri RI yang diterima Okezone, Selasa (1/12/2015). 

Mengenai hal tersebut, Menlu Retno menyarankan Dubes Brasil untuk Indonesia nantinya juga menjabat sebagai Dubes Brasil untuk ASEAN. Hal ini bertujuan memulai interaksi Brasil dengan ASEAN dan meningkatkan hubungan antara keduanya. Saran itu diberikan karena Brasil tampaknya berkeinginan menjadi salah satu mitra ASEAN.

Kedua menlu sepakat untuk terus meningkatkan hubungan bilateral, terutama di bidang ekonomi, dan mengadakan pembahasan untuk mengidentifikasi serta mengupayakan penyelesaian beberapa keluhan mengenai non-tariff barrier dalam perdagangan dua pihak.

Selain itu, kedua menlu juga membahas mengenai persiapan penyelenggaraan COP21. Indonesia dan Brasil adalah negara dengan hutan yang cukup besar. Selain berpartisipasi dalam COP21, kedua negara juga akan berpartisipasi dalam kegiatan beberapa kepala negara mengenai ‘Forests and Climate Change’ serta ‘Mission Innovation’ yang akan diselenggarakan di sela pertemuan COP21.

من المقطوع: http://news.okezone.com/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1